Detail Karya Ilmiah

  • Komunikasi Persuasif Ustadz kepada Jamaah dalam Komunitas “Hijrah Yuk” di Madiun untuk Mengenalkan Nilai Tauhid dan Akidah Islami
    Penulis : Yulia Kusumaningrum
    Dosen Pembimbing I : Dessy Trisilowaty, S. Sos., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk mengetahui komunikasi persuasif ustadz kepada jamaah dalam komunitas hijrah yuk di Madiun untuk mengenalkan nilai tauhid dan akidah islami. Pada penelitian ini mengacu pada komunikasi persuasif yang terdiri dari unsur – unsur komunikasi persuasif , teknik- teknik komunikasi persuasif , peranan komunikator dalam retorika dan pesan verbal dan non verbal yang digunakan dalam menyampaikan pesan kajian. Analisis data ini menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber untuk mengecek keabsahan data. Data hasil wawancara dan observasi dikaji menggunakan komunikasi persuasif. Hasil menunjukkan bahwa terdapat perubahan sikap, pendapat , pandangan, dan tingkah laku pada peserta kajian. Terdapat juga teknik – teknik komunikasi persuasif yang diterapkan dalam penyampaian materi kajian dan pesan yang disampaikan merupakan nilai tauhid dan akidah seperti mengingat Allah SWT, tidak mempersekutukan Allah SWT, membina ilmu agama, mempelajari akidah, bertaqwa kepada Allah SWT, dan selalu beribadah kepada Allah SWT. Adapun pesan non verbal seperti kontak mata dengan peserta kajian, sikap tubuh yang tegap dengan pembawaan yang tegas dan lembut, cara berpakaian rapi dan gerakan tangan seperti melambaikan tangan dan mengacungkan jari telunjuk. Kata Kunci : Komunikasi Persuasif, Komunitas, Tauhid dan Akidah Islami

    Abstraction

    ABSTRACT The methodology of this study is qualitative descriptive method. The aim of the study is to know about Ustadz's Persuasive Communication for Jamaah in the Madiun to introduce Islamic Tauhid and Akidah Value. In this study refers to persuasive communication that consists of persuasive communication elements, persuasive communication techniques, the role of rhetoric communication and verbal and non verbal massages used to convey the massage of the study. The data analysis of this study uses the data reduction, the data display and the conclusion drawing. The data validity technique is source of tringulation to check the validity of data. Data from interviews and observations were examined using persuasive communication. The result of this study shows that there are attitude's change, opinions, views, and the behaviour of the participants. Then, persuasive communication technique applied to deliver the material and massage are tauhid and akidah value, such as remembering to Allah SWT, second to none Allah SWT, fostering of religous sciences, studying of akidah, devoting to Allah SWT, and always praying to Allah SWT. Meanwhile, non verbal massage is face to face with exam participants, good body language which are firm and soft, how to dress neatly and hand movements such as waring and pointing your index finger. Keywords : Persuasive Communication, Community, Islamic Tauhid and Akidah

Detail Jurnal