Detail Karya Ilmiah
-
SELF DISCLOSURE MURID TUNANETRA PADA GURU SLB-A YAYASAN PENDIDIKAN ANAK-ANAK BUTA (YPAB) SURABAYAPenulis : NURUL NGAISAHDosen Pembimbing I : Dessy Trisilowaty S.Sos., M.SiDosen Pembimbing II :Abstraksi
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Self disclosure murid tunanetra pada guru SLB-A YPAB Surabaya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori Johari Window merupakan alat untuk menelaah mengenai luas dan hubungannya antara pengungkapan dan umpan balik dalam suatu hubungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Metode deskriptif jenis metode ini penelitian yang memberikan gambaran atau uraian atas suatu keadaan sejelas mungkin tanpa ada perlakuan terhadap objek yang diteliti. Penelitian ini menemukan bahwa Untuk mewujudkan komunikasi antarpribadi yang efektif dengan para penyandang tunanetra, siapapun itu harus mampu memberikan rasa aman dan nyaman kepada mereka ketika berinteraksi. Dengan demikian komunikasi yang dilakukan akan berjalan lancar serta menghasilkan feedback yang sesuai dengan pesan yang disampaikan. Terdapat self disclosure yang tinggi antara murid tunanetra dengan gurunya dalam menjalin komunikasi antarpribadi. Murid melakukan self disclosure mulai meningkat dan serius. Gurunya lebih bisa memperhatikan muridnya terhadap masalah yang dihadapi. Dengan menggunakan pesan verbal maka murid tunanetra lebih mudah menerima pesan yang disampaikan gurunya. Kata kunci : Komunikasi antarpribadi, Self Disclosure, Murid Tunanetra, Guru.
AbstractionABSTRACT The purpose of this study was to determine the disclosure Self visually impaired students in teacher SLB-A YPAB Surabaya. The theory used in this study using the theory Johari Window is a tool to examine the size and relationship between disclosure and feedback in a relationship. This study used a qualitative approach with descriptive method of this type of method that provides an overview of research or analysis on a situation as clearly as possible without any treatment of the object under study. This study found that to realize effective interpersonal communication with blind people, whoever it is should be able to provide security and comfort to them when they interact. Thus the communication is done will run smoothly and generate feedback that corresponds to the message. There is a high self disclosure among blind students with the teacher in establishing interpersonal communication. Pupils perform self disclosure began to increase and serious. His teacher over student can pay attention to the problems encountered. By using the verbal message visually impaired students are more receptive to messages delivered teacher. Keywords : Interpersonal Communication, Self Disclosure, Blind Students, Teachers.