Detail Karya Ilmiah
-
Strategi Marketing Public Relations Radio Mahkota 90.5 FM Babat Untuk Menarik Minat Pemasang IklanPenulis : Linda AnggraeniDosen Pembimbing I : Imam Sofyan, S.sos.,M.si.Dosen Pembimbing II :Qoniah Nur Wijayanti, S.ikom.,M.ikomAbstraksi
Linda Anggraeni. NIM. 15.05.311.00057. Ilmu Komunikasi. Strategi Marketing Public Relations Radio Mahkota 90.5 FM Babat Untuk Menarik Minat Pemasang Iklan. Abstrak Perkembangan serta persaingan di dunia media saat ini semakin pesat, maka dari itu sebuah perusahaan radio juga harus memiliki cara dan juga strategi agar tetap bertahan dan mampu bersaing dengan perusahaan radio yang berada disekitarnya. Dalam hal ini, marketing dan public relations dapat menjadi salah satu solusi atau cara untuk mengatasi persaingan media saat ini dengan membuat strategi merencanakan serta menjalankan dan mengevaluasi kegiatan-kegiatan yang dianggap mampu menarik minat para pendengar dan juga para pengiklan. Perusahaan radio Mahkota 90.5 FM Babat juga menggunakan strategi marketing public relations dengan tiga konsep untuk menarik minat pendengar serta pemasang iklan. Selain itu tujuan dari adanya penelitian ini juga untuk mengetahui strategi apa saja yang dilakukan radio Mahkota 90.5 FM Babat untuk menarik minat pendengar dan juga pemasang iklan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk menganalisa data-data yang diperoleh dari empat informan yang sebagai sumber informasi mengenai strategi apa saja yang dilakukan oleh radio Mahkota 90.5 FM Babat, yang mana diantaranya Bapak Eko selaku manager dan juga marketing radio Mahkota FM, Bapak Andik selaku marketing radio Mahkota FM, Bapak Jimmy selaku penyiar radio Mahkota FM, dan yang terakhir adalah Mbak Dewi selaku accounting dan juga penyiar radio Mahkota FM. Kemudian untuk memilah dan menguji keabsahan data hasil wawancara peneliti menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi marketing public relations yang digunakan oleh radio Mahkota 90.5 FM Babat ini adalah dengan membuat program-program siaran yang menarik dan juga melakukan strategi penyesuaian tarif serta yang terakhir adalah strategi promosi, semua strategi yang dilakuakn oleh radio Mahkota 90.5 FM Babat ini sangat berpengaruh dan mampu menarik minat baik pendengar maupun para pemasang iklan, dengan menyesuaikan program siaran serta komposisi musik yang banyak disukai oleh masyarakat dianggap ampuh untuk menarik serta mempertahankan para pendengar. Begitu juga dengan menyesuaikan tarif dengan melihat kondisi wilayah yang jadikan target market sehingga penyesuaian tarif menjadi startegi yang sesuai agar para pengiklan tetap bisa mempromosikan produk atau jasa mereka. Kata kunci: Strategi, radio Mahkota 90.5 FM, menarik minat, marketing public relations, pemasang iklan.
AbstractionLinda Anggraeni. NIM. 150531100057. Communication Studies Program. Strategy Marketing of public relations Babat Mahkota radio 90.5 FM to atterect ineterst advertiser. Abstrac Devlopment and competition in the world media growing rapidly right now, because of that radio station company have to be thinking of the way and thinking of strategy to keep survive and can compate with the other radio station. In this calse, marketing and public relations division would be solution to resove media competition with create strategy planning also working and evaluate activities which is consideret attract interest radio listener and also advertiser. Babat Mahkota radio company 90.5 FM used public relations marketing strategy with three concept to attract interest listener and advertiser. Other than that the purpose of this study was to reveal any strategy which is conducted by Babat Mahkota radio 90.5 FM to attract ineterest listener and also advertiser. In this study, This type of research uses a type of qualitative research with phenomenology research methods to analys any data that was obtained by four informants about any strategy that conducted by Babat Mahkota radio. Which is among them are Mister Eko as manager and also marketing, Mister Andik as marketing, Mister Jimmy as announcer, and the last is Miss Dewi as accounting and also announcer. Than to selected and verify data from interviw the researcher used data triangulation. The result of the study shows that public relations marketing strategy that used by Babat Mahkota radio is created interesting broadcast programs and also doing price adjustment strategy and the last is promotion strategy. All strategy that conducted by Babat Mahkota radio is very impacted and able to attrect good interest listener or advertiser with adjustment broadcast program and many music composition that most liked by people is considered powerfull to attract and maintain every listener. That also with price adjustment, they will observe every region market target so that adjustment price going corresponding strategy to make every advertiser still can promote their product or their services. Keyword: Strategy, Mahkota radio, attract interest, public relations marketing, advertiser.