Detail Karya Ilmiah

  • KOMUNIKASI TERAPEUTIK TERAPIS PADA ANAK DOWN SYNDROME (Studi Deskriptif Komunikasi Terapeutik Terapis Pada Anak Down Syndrome dalam Proses Penyembuhan di Rumah Anak Berkebutuhan Khusus Surabaya)
    Penulis : Maratul Khasanah
    Dosen Pembimbing I : Dr. Bani Eka Dartiningsih, S.Sos., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Qoniah Nur Wijayanti, S.ikom
    Abstraksi

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses atau cara dalam melakukan komunikasi terapeutik yang dilakukan terapis pada anak down syndrome di rumah anak berkebutuhan khusus Surabaya. Subyek dalam penelitian ini adalah terapis dan juga anak down syndrome yang melakukan terapi di rumah ABK. Secara teoritis penelitian ini diharapkan sarana untuk mendalami ilmu-ilmu komunikasi sedangkan secara praktis hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan referensi penlitian selanjutnya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini dipilih menggunakan metode purposive sampling. Analisis data dilakukan mengguanakan teknik Miles dan Huberman. Untuk memeriksa keabsahan data dilakukan menggunakan metode triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi terapeutik yang diterapkan dalam proses komunikasi terapeutik terapis dan anak down syndrome terdiri dari empat tahap yaitu tahap persiapan interaksi, tahap perkenalan, tahap kerja dan tahap terminasi. Terapis juga menunjukkan sikap yang baik terhadap anak down syndrome yang terlihat dalam sikap fisik dan sikap psikologis. Kata kunci: Komunikasi Terapeutik, Down syndrome

    Abstraction

    The purpose of this research is to find out the process or how to conduct therapeutic communication by a therapist to children with Down syndrome in the house of children with special needs in Surabaya. The subjects in this study are therapists and also children with Down syndrome who did therapy at ABK (Children with Special Needs) homes. Theoretically, this research is expected to be a medium to explore the communication sciences while practically the results of this study can be used as reference material for further research. The research method used is qualitative with data collection methods using observation, interviews and documentation. In this study, the Informants are selected by purposive sampling method. The data analysis is carried through Miles and Huberman's techniques. To check the validity of the data is done using the source triangulation method. The results of this study indicate that the therapeutic communication applied in the therapeutic communication process of therapists and children with Down syndrome consists of four stages, namely the preparation stage for interaction, the introductory stage, the work stage, and the termination stage. The therapist also shows a good attitude towards children with Down syndrome that is seen in physical attitudes and psychological attitudes. Keywords: Theraprutic Communication, Down syndrome

Detail Jurnal