Detail Karya Ilmiah

  • PERAN KOMUNIKASI KELUARGA DALAM MENANAMKAN NILAI SELF AWARENESS ANAK DI KOTA BOJONEGORO
    Penulis : Muhammad Bagus Abiyuda
    Dosen Pembimbing I : Dr. Nikmah Suryandari, S.Sos., M.Si
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran komunikasi keluarga dalam menanamkan nilai self awareness anak di Kota Bojonegoro. Tipe komunikasi keluarga sendiri terbagi menjadi empat bagian diantaranya, tipe komunikasi keluarga konsensual, pluralistis, protektif dan laissez-faire. Subjek dari penelitian ini adalah keluarga dengan karakteristik tertentu yang sudah ditetapkan. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi serta dokumentasi. Informan dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan teknik pengumpulan data dan pengolahan data. Validitas data menggunakan triangulasi dengan menggunakan bahan referensi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan keluarga dengan orang tua satu pekerja dan orang tua dua pekerja memiliki tipe komunikasi keluarga yang berbeda yang didasarkan pada intensitas percakapan. Tipe komunikasi keluarga mempengaruhi orientasi komunikasi keluarga itu sendiri. Penelitian ini juga menunjukkan tahap perkembangan kognitif anak dilihat segi jenjang pendidikan mempengaruhi kemampuan self awareness yang akan keluarga tanamkan terhadap anak. Anak dengan kategori pendidikan TK lebih dikenalkan hal sederhana mengenai bagian tubuh mereka dengan pemahaman. Sedangkan pada jenjang SD anak sudah mampu menerima kesadaran lain seperti, belajar dari kejadian yang pernah terjadi, nilai-nilai agama dan kewaspadaan terhadap tindak kejahatan. Kata kunci : komunikasi keluarga, keluarga, self awareness, anak

    Abstraction

    The purpose of this study was to determine the role of family communication in instilling the value of children’s self awareness in Bojonegoro city. The type of family communication itself is divided into four parts including, the type of consensual, pluralistic, protective and laissez-faire family communication. The subjects of this study are families with certain characteristics that have been determined. Methods of data collection using interviews, observation and documentation. Informants were selected using the purposive sampling method. Data analysis is done by data collection techniques and data processing. The validity of data uses triangulation using reference materials and member check. The result of the study show that families with parents of one workers have different types of family communication based on the intensity of the conversation. The type of family communication effects the communication orientation of the family itself. This study also shows the stage of childern’s cognitive development in terms of levels of education affecting self awareness abilities that families will instill in children. Children with a kindergarten education category are introduced to simple things about their body parts with understanding. While at the elementary school level the child is able to accept other awareness such as, learning from events that have happened, religious values and awareness of crime. Keywords: family communication, family, self awareness, child

Detail Jurnal