Detail Karya Ilmiah

  • KOMUNIKASI DAKWAH ANAK MUDA DI ERA MEDIA BARU (Analisis Isi Kualitatif Pada Video Dakwah Instagram #1MinuteBooster Ustadz Hanan Attaki)
    Penulis : Yudha Anandha Putra
    Dosen Pembimbing I : Dr Yuliana Rakhmawati S.Sos.,M.Si
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Content Analysis (Analisis isi konten) umumnya digunakan untuk memperoleh informasi dari suatu pesan atau komunikasi dalam bentuk lambang yang didokumentasikan. Segala bentuk pesan yang terdapat dalam berbagai media seperti buku, surat kabar, film, dan bahkan media sosial dapat dianalisa melalui Content Analysis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Content Analysis dalam Komunikasi Dakwah Anak Muda Era Media Baru dalam video dakwah instagram #1MinuteBooster ustadz Hanan Attaki. subjek pada penelitian ini adalah video dakwah #1MinuteBooster ustadz Hanan Attaki di instagram. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan cara obsevasi dan dokumentasi. Observasi yang dilakukan di penelitian ini adalah observasi partisipatif. Sementara dokumentasi dilakukan dengan melakukan pengambilan data di instgaram berupa video. pada teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi semantik menurut Krippendorf, yaitu pembahasan tentang makna dan tanda dalam bahasa. Hasil penelitian ini menjelaskan tentang isi pesan dalam video dakwah #1MinuteBooster ustadz Hanan Attaki di instagram berdasarkan teori komunikasi dakwah serta menjelaskan tentang penggunaan bahasa dan simbol-simbol yang ada didalamnya. Kata Kunci: Komunikasi Dakwah, Instagram, 1MinuteBooster, Hanan Attaki

    Abstraction

    Content Analysis is generally used to obtain information from a message or communication as a documented symbol. Every messages that contained in various media such as books, newspapers, films, and even social media can be analyzed through Content Analysis. The purpose of this research is to find out how Content Analysis work in the Youth Da’wah Communication of New Media Era in the Hanan Attaki #1MinuteBooster’s video . The subject of this research is Hanan Attaki #1MinuteBooster’s video on Instagram. In this research, the authors used descriptive qualitative research methods. The data was carried out by observation and documentation. Observations made in this study were participatory observation. While the documentation is done by taking videos on instagram. This research using semantics content analysis techniques according to Krippendorf, that is a discussion of meaning and signs in language. The results of this research explain the message in the Hanan Attaki #1MinuteBooster’s videos on Instagram about the theory of da'wah communication and explain about the use of language and the symbols in it. Keywords: Da’wah Communication, Instagram, 1MinuteBooster, Hanan Attaki

Detail Jurnal