Detail Karya Ilmiah

  • Pramuniaga Cantik (Dramaturgi Kehidupan Sales Promotion Girl di Tom & Jerry Swalayan)
    Penulis : Cinta Bella Wati
    Dosen Pembimbing I : Hisnuddin Lubis, S.Sos., M.A
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menggali tentang dramaturgi yang dilakukan oleh para sales promotion girl di Tom & Jerry Swalayan. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Informan dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kehidupan sales promotion girl di Tom & Jerry Swalayan terbagi menjadi dua, panggung depan dan panggung belakang. Dalam panggung depan terdapat dua setting yaitu penampilan, dalam hal ini cara berpakaian sales promotion girl saat bekerja ditentukan sepenuhnya oleh perusahaan. Kedua, yaitu gaya, dalam hal ini gaya komunikasi sales promotion girl dengan konsumen, mulai dari intonasi berbicara, mimik hingga gestur tubuh dan lainnya. Dalam panggung belakang, disini terlihat persiapan yang dilakukan sales promotion girl sebelum tampil, serta peran lain yang ia lakukan dalam sehari-hari. Kata kunci: Pramuniaga, Dramaturgi, Sales Promotion Girl

    Abstraction

    ABTRACT This research aims to explore the dramaturgy carried out by sales promotion girls in Tom & Jerry Supermarkets. Methods of data collection using in-depth interviews. Analytical techniqus descrptive data using qualitative. Informants were selected using purposive sampling method. Analysis of data using Miles and Huberman techniques. Data validity checking techniques using triangulation of sources. The results of this research indicate that the life of a sales promotion girl in Tom & Jerry Supermarket is divided into two, the front stage and the rear stage. In the front stage there are two settings, namely appearance, in this case the way to dress sales promotion girl when working is determined entirely by the company. Second, namely style, in this case the communication style of sales promotion girl with consumers ranging from intonation to speech, expression to body gestures and others. In the back stage, there are preparations made by sales promotion girls before appearing, as well as other roles that they do in everyday life. Keywords: Salesperson, Dramaturgy, Sales Promotion Girl

Detail Jurnal