Detail Karya Ilmiah
-
Peran Guru Dalam Membantu Proses Interaksi Sosial Siswa (Studi Kasus Pada Guru Siswa Tuna Rungu Di Sekolah Luar Biasa Negeri Sampang)Penulis : NORMALA SARIDosen Pembimbing I : MERLIA INDAH PRASTIWI, S.Sos., M.SosioDosen Pembimbing II :Abstraksi
Normala Sari, NIM. 150521100075, Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Universitas Trunojoyo Madura. Skripsi ini Tentang, Peran Guru Dalam Membantu Proses Interaksi Sosial Siswa (Studi Kasus Pada Guru Siswa Tuna Rungu Di Sekolah Luar Biasa Negeri Sampang), di bawah bimbingan Ibu Merlia Indah Prastiwi, S.Sos., M.Sosio. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Peran Guru Dalam Membantu Proses Interaksi Sosial Siswa (Studi Kasus Pada Guru Siswa Tuna Rungu Di Sekolah Luar Biasa Negeri Sampang). Penelitian ini, menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan Studi kasus. Peneliti menggali data di lapangan dengan observasi langsung dan wawancara mendalam kepada para informan yang dipilih berdasarkan purporsive sampling. Data yang diperoleh dianalisa menggunakan teknik analisa deskriptif kualitatif model yang di kemukakan oleh Miles & Huberman, data diperiksa keabsahannya dengan menggunakan triangulasi sumber, agar data yang diperoleh menjadi valid. Penelitian ini beralokasi di Sekolah Luar Biasa Negeri Sampang Kelurahan Dalpenang Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru di Sekolah Luar Biasa Negeri Sampang sangat membantu siswa tuna rungu dalam berinteraksi sosial maupun dalam mengembangkan kemampuan siswa. Dengan menggunakan beberapa metode yaitu metode MMR, metode Ceramah dan metode cerita. Peran guru tidak hanya dibidang akademis saja namun juga berperan sebagai motivator bagi siswa tuna rungu. Cara guru dalam membantu siswa tuna rungu berinteraksi sosial yaitu dengan cara menanamkan nilai-nilai kedisiplinan, nilai-nilai ber-etika dengan teman, orang tua dan guru serta mengajari cara berkomunikasi agar bisa berinteraksi dengan baik. Kata Kunci : Peran Guru, Siswa Tuna Rungu, Interaksi Sosial
AbstractionNormala Sari, NIM. 150521100075, Sociology Program, Faculty of Social Sciences and Culture, University of Trunojoyo Madura, This Thesis is about, The Role of The Teacher in Helping The Process of Student Social Interaction (Case Study On Teachers Of Deaf Students In Sampang State Special Schools), Advisor Ms. Merlia Indah Prastiwi, S.Sos., M.Sosio. This study is to find out how The Role of The Teacher in Helping The Process of Student Social Interaction (Case Study On Teachers Of Deaf Students In Sampang State Special Schools). This research uses a qualitative descriptive method with a case study approach. Researchers dig data in the field by direct observation and in-depth interviews with selected informants based on purporsive sampling. The data obtained were analyzed by using a qualitative descriptive analysis technique model presented by Miles &Huberman;, the data was checked for validity using source triangulation, so that the data obtained became valid. This research is located in the State Special School Sampang Village, Sampang District, Sampang Regency. The results of this study indicate that the role of teachers in the Sampang State Special School is very helpful for deaf students in social interaction and in developing students' abilities. By using several methods, namely the MMR method, lecture method and story method. The role of the teacher is not only in the academic field but also acts as a motivator for deaf students. The teacher's way of helping deaf students interact socially is by instilling discipline values, ethical values with friends, parents and teachers and teaching how to communicate in order to interact well. Keywords: The Role of Teachers, Deaf Students, Social Interaction.