Detail Karya Ilmiah
-
Twitter, Instagram dan Facebook Sebagai Pemicu Perilaku Konsumtif (Studi Fenomenologi Mahasiswi Penggemar K-Pop di Universitas Trunojoyo Madura)Penulis : ARLISAHDosen Pembimbing I : Medhy Aginta Hidayat S.S.,M.Si.,Ph.DDosen Pembimbing II :Abstraksi
ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Twitter, Instagram dan Facebook menyebabkan perilaku konsumtif mahasiswi penggemar K-Pop di Universitas Trunojoyo Madura. Informan dalam penelitian ini adalah beberapa mahasiswi dari berbagai jurusan di Universitas Trunojoyo Madura. Teknik Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik ini digunakan untuk mendapatkan informan dengan cara sengaja yang sudah ditentukan kriteria informannya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan observasi dan wawancara. data model Miles dan Huberman dan teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya media sosial Twitter, Instagram dan Facebook telah memberikan dampak perilaku konsumtif bagi mahasiswi penggemar K-Pop di Universitas Trunojoyo Madura, yaitu mahasiswi membeli aksesoris K-Pop secara online di Twitter, Instagram dan Facebook dengan tujuan mewujudkan identitas sebagai penggemar K-Pop, untuk memenuhi gaya hidup mencari kesenangan diri sendiri, mahasiswi mengenal boy band dan girl band Korea citra produk yang menampilkan model iklan boy band atau girl band Korea, Variety Show juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan Hyperconsumtif, Lingkungan pertemanan, mahasiswi memiliki waktu senggang, Citra Idola dalam bentuk acara variety show, mahasiswi melakukan bertindak boros dengan cara kurang baik, Pernik Citra Idola dalam aksesoris K-Pop memiliki nilai jual yang tinggi. Kata Kunci: Twitter, Instagram, Facebook Konsumtif, Mahasiswi
AbstractionABSTRACT The purpose of this study was to find out how Twitter, Instagram and Facebook caused the consumptive behavior of female K-Pop fans at Trunojoyo Madura University. Informants in this study were a number of female students from various departments at Trunojoyo Madura University. Determination techniques of informants in this study using purposive sampling techniques. This technique is used to get informants in a deliberate manner that has been determined by the criteria of the informant. This type of research is descriptive qualitative. Data collection methods used are using observation and interviews. Miles and Huberman model data and data validity checking techniques using source triangulation. The results showed that with the social media Twitter, Instagram and Facebook had the effect of consumptive behavior for female K-Pop fans at the University of Trunojoyo Madura, namely students buying K-Pop accessories online on Twitter, Instagram and Facebook with the aim of realizing the identity of K-Pop fans, to fulfill the lifestyle of seeking self-enjoyment, female students know Korean boy band and girl band product images that feature Korean boy band or girl band advertisement models, Variety Show is also one of the factors that causes Hyperconsumption, friendship environment, college students have free time, image Idol in the form of variety shows, college students doing wasteful acts in a way that is not good, image Idol in K-Pop accessories has a high selling value. Keywords: Twitter, Instagram, Facebook, Consumptive, Student