Detail Karya Ilmiah

  • Abstraksi

    Abstrak - Ika Maisaroh, 150521100044, Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Universitas Trunojoyo Madura, skripsi ini tentang Hiperrealitas Instagram Sebagai Penggerak Perilaku Konsumtif (Studi Kasus Aktivitas Online Mahasiswi Universitas Trunojoyo Madura Melalui Akun Instagram “HandmadeShoeSBY”) Kemajuan teknologi saat ini membuat perkembangan media sosial semakin pesat, salah satunya yaitu munculnya media sosial Instagram. Media sosial yang semakin canggih ini dapat memberikan berbagai informasi berupa tayangan gambar yang dibuat secara berlebihan di luar realitas yang sebenarnya atau yang dinamakan dengan hiperrealitas. Hiperrealitas yang ditampilkan oleh media sosial Instagram pada akhirnya dapat mendorong individu untuk berperilaku konsumtif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perilaku konsumtif yang dilakukan oleh mahasiswi Universitas Trunojoyo Madura melalui akun Instagram Handmadeshoesby. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswi Universitas Trunojoyo Madura dengan kriteria tertentu yang sudah ditetapkan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori masyarakat konsumsi yang dikemukakan oleh Jean Baudrillard. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan dipilih menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara, pengamatan secara virtual dan studi pustaka. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, data display dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa aktivitas online yang dilakukan oleh mahasiswi Universitas Trunojoyo Madura sebagai pendorong perilaku konsumtif, diantaranya yaitu memberikan like setiap postingan foto yang muncul, melakukan stalking foto produk yang ditampilkan. melihat review, komentar, membandingkan akun Instagram Handmadeshoesby dengan akun lain yang serupa. membeli dua buah barang dalam sekali pembelian serta mengikuti give away. Kata Kunci : Instagram, Hiperrealitas, Handmadeshoesby, Konsumsi.

    Abstraction

    Abstract - Ika Maisaroh, 150521100044, Sociology Study Prgram, Faculty of Social and Cultural Sciences, University of Trunojoyo Madura Thesis. A Hyperreality of Instagram as a Driver of Human Consumptive Behavior (The Case Study of Online Ativities of Trunojoyo University Students Through Instagram Account “Handmadeshoesby”). A current technological advancements of social media more rapid. One of them is the emergence of Instagram social media. This increasingly sophisticated social media can provide various information in the form of images that are made excessively outside the actual reality or what is called hyperreality. The hiperreality displayed by Instagram social media can ultimately encourage individuals to be have consumptively. The purpose of this study was to analyze the consumptive behavior carried out by students of University of Trunojoyo Madura through the Handmadeshoesby Instagram account. The subject in this study were students of University of Trunojoyo Madura with certain criteria that had been set. The theory used in this study is the theory of consumption society proposed by Jean Baudrillard. This study uses qualitative methods with a case study approach. The informants were selected using the purposive sampling method. The data collection techniques used in this study are interviews, virtual observations and literature studies. The data analysis techniques in this study used three stages, namely data reduction, display data and verification of conclusion. The validity of the data using source of triangulasion. The results of this study indicated that there are several online activities carried out by students of University of Trunojoyo Madura as a driver of consumptive behavior, including giving likes to each photo post that appears on Instagram and stalking the product photos displayed, looking for reviews comments. Then, comparing Handmadeshoesby Instagram accounts with order similar accounts. They buy two items in one purchase and photo then they get give away. Keywords – Instagram, Hyperreality , Handmadeshoesby, Consumption.

Detail Jurnal