Detail Karya Ilmiah

  • Hubungan Patron Klien Antara Mandor dan Kuli Panggul di Pasar Pabean Surabaya
    Penulis : Ria Dwi Oktaviani
    Dosen Pembimbing I : Dr. Ekna Satriyati, S.S., M.Hum
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang hubungan yang terjadi antara mandor dengan kuli panggul yang bekerja di Pasar Pabean Surabaya. Hubungan patron klien yang diteliti terbagi dalam dua kajian yaitu proses pembentukan patron klien serta pola untuk mempertahankan hubungan patron klien. Subyek dalam penelitian ini adalah mandor dan kuli panggul yang bekerja di Pasar Pabean Surabaya dengan sistem borongan. Secara teoritis penelitian ini diharapkan mampu untuk menjelaskan fenomena sosial di sana, sedangkan secara praktis hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan referensi penulisan selanjutnya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini dipilih menggunakan metode purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan teknik Miles dan Huberman. Untuk memeriksa keabsahan data dilakukan menggunakan metode triangulasi sumber. Hasil temuan data dilapangan menunjukkan bahwa terdapat hubungan patron klien yang terjadi diantara mandor dan kuli panggul yang bekerja di Pasar Pabean Surabaya. Setiap mandor ditemukan dua pola yang berbeda-beda dalam merekrut kuli, pola pertama berdasarkan rekomendasi, dan pola kedua berdasarkan lamaran. Setiap mandor juga memiliki cara masing-masing untuk mempertahankan hubungan patron klien yaitu melalui kepercayaan atau kesetiaan. Kata kunci : Patron klien, mandor, dan kuli panggul, Pasar Pabean Surabaya.

    Abstraction

    ABSTRACT The purpose of this study was to find out abot the relationship that occured between the foreman and the porters who worked in Pabean Market of Surabaya. The patron client relationship studied was divided into two studies, namely the process of forming client patrons and patterns for maintaining patron client relationship. The subjects in this study were foreman and porters who worked in the Pabean Market of Surabaya with a bulk system. Theoritically, this research is expected to be able to explain social phenomena that occured at Pabean Market of Surabaya. While, practically the results of this study can be used as material for further writing. The research method used is qualitative with data collection methods using observation, interviews, and documentation. The informants in this study were selected using the purposive sampling method wich to determined the criterias informant first. The data analysis was performed using the techniques of Miles and Huberman. And, the source triangulation method is done to check the validity by comparing the interview data of each informant. The study site is located in Pabean Market of Surabaya. The findings of the data in the field indicate that there is a patron client relationship that occurs between the foreman and the porters who work in Pabean Market of Surabaya. Each foreman found two diffrent patterns for get the porters. The first patterns based on recommendations and the two patterns based on application. Each foreman also has their own way of maintaining patron client relations, with loyalty or trust. Keywords: Patron clients, foreman, porters, Pabean Market of Surabaya.

Detail Jurnal