Detail Karya Ilmiah

  • Abstraksi

    ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui praktek dominasi kuasa aplikasi ojek online antara pengemudi dengan perusahaan di Surabaya. Subjek dari penelitian ini adalah pengemudi ojek online di komunitas UBS (United Brotherhood Surabaya) yang menjadi sasaran kekuasaan perusahaan ojek online. Secara teoritis penelitian ini diharapkan mampu untuk menjelaskan fenomena sosial disana, sedangkan secara praktis hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi penulisan selanjutnya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini dipilih menggunakan metode purposive sampling. Analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan membangun relasi kuasanya dengan relasi kuasa panopticon. Relasi kuasa panopticon ini menjadi sumber kekuasaan terbesar dalam membentuk kekuasaan perusahaan ojek online. Dalam relasi kuasa bermodel panopticon ini terdapat sistem pengawasan yang sangat ketat. Panopticon memang sangat efektif dalam memberikan efek kekuasaan agar bisa menginternalisasi ke dalam setiap individu yang dikuasai. Perusahaan juga menggunakan sepuluh kekuatan untuk melanggengkan kekuasaannya. Yakni kerja pengemudi fleksibel, sistem suspend, penggunaan simbol penumpang, penggunaan atribut saat onbid, menggunakan sistem ranking, menggunakan target poin per pengemudi yang sesuai dengan cara kerja, permainan lonjakan order oleh perusahaan, kinerja pengemudi menentukan upah, pendapatan pengemudi ditentukan oleh banyaknya bonus serta kebebasan semu pengemudi ojek online. Dari delapan kekuatan perusahaan tersebut pengemudi diberikan kenyamanan serta kemudahan saat menjalankan orderan, tetapi dibalik kenyamanan itu pengemudi justru berada dalam kekuasaan perusahaan atau bisa disebut sebagai kebebasan semu pengemudi ojek online. Kata kunci: Relasi Kuasa, Panopticon, Pengemudi ojek online, UBS (United Brotherhood Surabaya).

    Abstraction

    ABSTRACT The aim of this study is to figure out the domination practice power in online ojek app between the ojek’s driver and the company of online ojek in Surabaya. The subject of this study is the ojek’s driver in community UBS (United Brotherhood Surabaya) that becomes the target for the company to be under controlled. Theoretically, this research could explain the social phenomena, and practically the result of this research hopefully could be used to be the reference for the next research. The method of this research is qualitative method while the collecting data is observation, interview, and documenting. The selection informant of this research is by using purposive sampling. The researcher uses the theory of Miles and Huberman as the data analysis. The researcher also uses resource triangulation technic for validating data.The finding of this research shows that the company builds power relations into Panopticon power relation. Panopticon power relation is the main source of the power in order to under control the company of online ojek. Panopticon power relation has a good security system. Panopticon is the effective way for under controlling something in order to arrange every single people. The company also uses 10 term to under control, there are using passenger symbol, using attributes in onbid, using ranks system, using a maximum or minimum points for each drivers, the way for making high order by the company, the more good driver the more good for the paid, the payment for the driver is up to the bonuses and also the driver is freely to get the payment. By these 8 terms of the company, the drivers get the easiness and comfort to do their job, but in other hand the drivers is obviously under controlled of the company. Keywords : Power relation, Panopticon, online ojek driver, UBS (United Brotherhood Surabaya)

Detail Jurnal