Detail Karya Ilmiah
-
PRAKTIK DIGITALPRENEUR INDUSTRI 4.0 (Studi Kasus Digitalpreneur Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura Perspektif Pierre Bourdieu)Penulis : Moh. Hamzah FansuriDosen Pembimbing I : Hisnuddin Lubis,S.Sos.MADosen Pembimbing II :Abstraksi
Digitalpreneur merupakan jenis wirausahawan yang menggeluti bisnisnya melalui jaringan internet sebagai tempat jual/beli produk (barang/jasa) berbasis online. Namun pada penelitian ini, fokus pada praktik digitalpreneur mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura dengan melihat model penerapan bisnis yang sedang berjalan dari segi pemarasan (e-marketing), transaksi pembayaran (emoney/vitual) serta pengiriman tanpa harus bertemu langsung dengan konsumen yang merupakan bentuk produksi dan reproduksi dari praktik kuasa media atas narasi-narasi yang dibangun.Tujuan dari penelitian ini melihat praktik-praktik baru yang lahir dalam proses tersebut yang mampu mengubah kegemaran masyarakat dulu (masyarakat tradisional) dalam berbelanja, terlihat mencolok perubahan pada pola berfikir berbelanja online khususnya pada masyarakat generasi milenial yang memiliki kecenderunagan dengan sesuatu hal yang baru persepektif Pierre Bourdieu.Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan dalam penelitian ini dipilih melalui metode penentuan informan secara purposive sampling. Analisis yang digunakan dengan teknik analisis Miles dan Huberman serta teknik analasis SWOT untuk melihat peluang digitalpreneur di kalangan mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura sedangkan dalam pemeriksaan keabsahan data menggunakan metode trianggulasi sumber. Kata Kunci: Digitalpreneur, Pierre Bourdieu, Industri 4.0
AbstractionDigitalpreneur is one form of an entrepreneur business through an internet network, the network is used by various groups as a place to sell/buy products (goods/services) based online. In this study, the focus of digitalpreneur among the students of University of Trunojoyo Madura, where this business model is classified as easy to run from the perspective of (e-marketing), payment transactions (e-money/virtual) and shipping without having to meet directly with consumers.The purpose of this study is to find out the opportunities of Digitalpreneur for students of University of Trunojoyo Madura in facing the challenges of Industry 4.0 Pierre Bourdieu's perspective by looking at new practices born in the process which able to change the hobby of community (traditional society) in shopping, noticeable changes in patterns think online shopping especially for millennial generations.The method used is qualitative with data collection methods using observation, interviews, and documentation. Informants in this study are selected using purposive sampling. The analysis used by using Miles and Huberman analysis techniques and SWOT analysis techniques to see the opportunities of digitalpreneur among University of Trunojoyo Madura students, while in checking the validity of the data using the source triangulation method. Keywords: Digitalpreneur, Pierre Bourdieu, Industry 4.0