Detail Karya Ilmiah

  • Media Pembelajaran Matematik untuk Kelas 2 dan 3 SD Berbasis Flash
    Penulis : Rio Abot Budiyanto
    Dosen Pembimbing I : Aeri Rachmad S.T., M.T
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Di zaman yang modern ini sudah tentu teknologi juga sudah maju dan sudah mewabah ke dunia pendidikan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk merubah metode pembelajaran yang sudah biasa menjadi lebih menyenangkan untuk siswa SD terutama kelas 2 dan 3. Dan tentunya matematika dasar adalah pengetahuan yang sangat penting untuk siswa SD. Karena dari itu dibuatlah media pembelajaran berbasis flash. Metode penelitian ini yang digunakan adalah pengembangan atau dikenal dengan metode Research and Development. Tahapan dalam proses penelitian ini adalah tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan pengujian. Pengujian yang dilakukan berupa validasi yang dilakukan oleh expert judgement atau ahli media dan materi. Kemudian media di uji coba oleh siswa. Setelah dilakukan validasi dan media memenuhi kriteria interaktif yang layak, baru dilakukan pengujian atau penelitian untuk mengetahui kelayakan di lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran interaktif matematika bagi sekolah dasar kelas 2 dan 3 berbasis multimedia dan diharapkan untuk memudahkan dalam proses kegiatan belajar mengajar di sekolah. Metodologi penelitian yang digunakan terbagi menjadi dua bagian yaitu metode pendataan yang terdiri dari, studi kepustakaan, subyek penelitian dan metode pendekatan yang terdiri dari, analisis kebutuhan, perancangan, pemrograman, uji coba, dan implementasi. Kata Kunci : Media pembelajaran, Matematika, Macromedia Flash

    Abstraction

    In this modern era is definitely technology has also advanced and has become endemic to the world of education. The purpose of this study is to change the usual learning methods become more fun for elementary students sd grade 2 and 3. And of course basic mathematics is a very important knowledge for elementary students. Because of that made flash-based learning media. Research methods are being developed or developed with Research and Development methods. Stages in the process of this research is the stage of analysis, design, development, implementation and testing. Validation tests performed by assessment experts or media and material experts. Then the media is tested by the students. After validation and media meet the appropriate criteria of interactive, just conducted testing or research to determine the feasibility in the field. This research is intended to create interactive learning media of mathematics for elementary school 2nd and 3rd grade based on multimedia and expected to ease the process of teaching and learning activities in school. The research methodology used is divided into two parts, namely the method of data collection consisting of, literature study, research studies, and methods. Keywords: Learning media, Mathematics, Macromedia Flash

Detail Jurnal