Detail Karya Ilmiah

  • Penetapan Strategi Pemasaran dengan Metode Analisis Biplot dan Game Theory ( Studi Kasus : UKM Pengrajin Kulit Magetan )
    Penulis : Nugraha Budhi Dharma
    Dosen Pembimbing I : Prof. Dr. H. Rachmad Hidayat, S.T., M.T., IPU., AER
    Dosen Pembimbing II :Dr. Sabarudin Akhmad, S.T., M.T., IPM
    Abstraksi

    Perusahaan pengrajin kulit Magetan di kawasan ini merupakan perusahaan kecil atau yang disebut usaha kecil dan menengah, dimana isu tentang UKM tersebut dalam menerapkan strategi pemasaran masih belum optimal, Penerapan strategi pemasaran dapat membantu ELA dalam menentukan tujuan jangka pendek maupun jangka panjang dan membantu beradaptasi dengan perkembangan zaman serta masalah-masalah yang di alami ELA dapat terpecahkan. Agar dapat terpecahkan perlu dilakukan penelitian yaitu mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan dari ELA, maupun mengidentifikasi faktor peluang dan ancaman dari luar UKM. Strategi pemasaran yang baik merupakan strategi yang bisa lebih unggul dengan strategi yang dimiliki oleh pesaingnya. Oleh karena itu, untuk bisa lebih unggul perlu melakukan pengamatan terhadap strategi yang diterapkan oleh para pesaingnya dalam bidang usaha yang sama. langkah untuk menganalisis strategi pemasaran dapat dilakukan dengan menggunakan teori permainan atau teori permainan yang disebut digunakan untuk menganalisa keputusan yang didasarkan pada peristiwa saat ini, untuk menentukan pemain, menentukan strategi yang ada, dan untuk menentukan kecenderungan masing-masing Pemain. Teori permainan dapat dilakukan pada dua kelompok saling berhadapan dan menerapkan aturan yang telah dikenal oleh masing-masing pemain. Jika berdasarkan kecenderungan konsumen, konsumen akan memilih produk yang dapat memuaskan. Berdasarkan latar belakang di atas, para peneliti ingin merumuskan strategi pemasaran yang optimal di UKM pengrajin kulit Magetan. Kata kunci : strategi pemasaran, teori permainan

    Abstraction

    Magetan Leather Craftsmen in this region is a small company or called Small and medium enterprises, where the issue about SMES in implementing marketing strategy is still not optimal, the implementation of marketing strategies can help ELA In determining both short-term and long-term goals and helps adapt to the development of the Times and the problems that are in natural ELA can be solved. To be solved the research needs to be done identifying the advantages and disadvantages of ELA, as well as identifying factors of opportunities and threats from outside the SME. A good marketing strategy is a strategy that can be superior to a strategy that is owned by its competitors. Therefore, to be more superior need to observe the strategy applied by its competitors in the same business field. Steps to analyze a marketing strategy can be done using game theory or game theory called used to analyze decisions based on current events, to determine the player, determine the strategy And to determine the tendency of each player. The game theory can be done on two groups facing each other and implementing rules that each player has known. If based on consumer tendencies, consumers will choose a product that can satisfy. Based on the background above, researchers wanted to formulate an optimal marketing strategy in Magetan skin craftsman UKM. Keywords: marketing strategy, game theory

Detail Jurnal