Detail Karya Ilmiah
-
Preferensi Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura terhadap Pembelian Sepatu Menggunakan Pendekatan Analisis KonjoinPenulis : Aulia Lismayanti PutriDosen Pembimbing I : Prof. Dr. Rachmad Hidayat, S.T., M.T., IPUDosen Pembimbing II :Dr. Sabarudin Akhmad, S.T., M.T., IPMAbstraksi
Sepatu merupakan salah satu produk fashion. Saat ini penjualan sepatu mengalami kemajuan yang sangat pesat, hal ini terbukti dengan meningkatnya minat konsumen terhadap pembelian sepatu. Fungsi sepatu saat ini tidak hanya untuk keperluan tertentu tetapi juga sebagi gaya hidup atau trend fashion. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui kombinasi atribut yang menjadi preferensi konsumen dalam pemilihan sepatu dan untuk mengetahui atribut apa yang paling dominan menjadi pilihan konsumen dalam memilih sepatu tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dilaksanakan menggunakan metode analisis konjoin. Studi ini didasarkan pada data primer yang dilakukan melalui survei kepada 354 mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura. Hasil penelitian menunjukan terdapat atribut Kualitas Produk, Desain Produk, Kenyamanan, Harga, Warna, dan Bobot yang digunakan untuk memilih sepatu tersebut.. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa atribut yang paling penting menurut responden saat memilih sepatu adalah atribut kenyamanan sepatu dengan nilai kepentingan sebesar 23,289 %. Kartu stimuli yang memiliki skor terbesar adalah kartu stimuli 4 dengan total skor sebesar 1,321. Hal tersebut menandakan bahwa sebagian besar responden sangat menyukai kombinasi atribut dari kartu stimuli 4 yaitu sepatu dengan kualitas tinggi, desain sporty bertali, nyaman, harga kurang dari Rp. 200.000, berwarna gelap, dan berbobot berat. Sedangkan responden sangat tidak menyukai kombinasi atribut pada kartu stimuli 2 yaitu sepatu dengan kualitas rendah, desain sporty bertali, tidak nyaman, harga lebih dari Rp. 500.000, warna gelap, dan bobot ringan. Kata Kunci: Analisis Konjoin; Sepatu?
AbstractionShoes are a fashion product. At present, shoe sales are progressing very rapidly, this is evidenced by the increasing consumer interest in purchasing shoes. The function of shoes today is not only for certain needs but also as a lifestyle or fashion trend. This study has a purpose that is to find out the combination of attributes that are consumer preferences in shoe selection and to find out what attributes are the most dominant choice for consumers in choosing these shoes. This study is a quantitative study carried out using the conjoined analysis method. This study is based on primary data through a survey of 354 Trunojoyo Madura University students. The results showed that there were attributes of Product Quality, Product Design, Comfort, Price, Color, and Weight used to select these shoes. The results of this study indicate that the most important attribute according to respondents when choosing shoes is the shoe comfort attribute with a value of importance of 23,289%. The stimuli card that has the biggest score is stimuli card 4 with a total score of 1,321. This indicates that the majority of respondents were very fond of the combination of attributes of stimuli 4 cards, namely shoes with high quality, sporty strappy design, comfortable, prices less than Rp. 200,000, dark in color, and heavy in weight. While respondents strongly disliked the combination of attributes on stimuli 2 cards, namely shoes with low quality, sporty strappy design, uncomfortable, prices of more than Rp. 500,000, dark colors, and light weight. Keywords: Conjoin Analysis, Shoes