Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS PEMILIHAN DESAIN KEMASAN DAN TINGKAT KEJELASAN INFORMASI PADA LABEL Studi Kasus : Kemasan Teh Celup Cabe Jamu (Piper retrofractum Vahl) pada PT. Trunojoyo Industri PrimaPenulis : Robiatul AdawiyahDosen Pembimbing I : Millatul Ulya, S.TP., MTDosen Pembimbing II :Dr. Ir. Abdul Azis J., MTAbstraksi
Teh celup cabe jamu (Piper retrofractum Vahl) merupakan inovasi olahan pangan berbahan baku tanaman herbal. Salah satu produsen yang memproduksi teh celup ini adalah PT. Trunojoyo Industri Prima. Produk ini belum banyak dikenal oleh masyarakat luas, sehinga perlu diketahui adanya media promosi alternatif berupa kemasan yang disukai konsumen dan tingkat kejelasan informasi pada label guna memberikan penjelasan yang baik dan benar kepada konsumen. Desain kemasan yang digunakan terdapat 5 desain yaitu desain kemasan A (merah), kemasan B (putih), kemasa C (coklat), kemasan D (kuning) dan kemasan E (hijau). Hasil dari analisis pemilihan desain kemasan, kode kemasan yang disukai oleh konsumen adalah kemasan kode D (warna kuning kombinasi merah) yang memberikan kesan hangat dengan rata-rata skor penilaian 3,79. Atribut-atribut informasi pada label dikatakan kurang jelas kecuali pada nama produk karena rata-rata skor penilaian dari tingkat kejelasan atribut ? 4. Hal ini disebabkan oleh tipografi, tata letak dan pemilihan warna pada tulisan setiap atribut yang kurang tepat.
AbstractionChili herbal teabag (Piper retrofractum Vahl) is an innovation in processed food made from herbal plants. One of the producers producing this teabag is PT. Trunojoyo Prima Industry. This product has not been widely known by the public, so it is necessary to know the existence of alternative promotional media in the form of packaging that consumers like and the level of clarity of information on labels to provide a good and correct explanation to consumers. The packaging design used is 5 designs, namely A (red), B (white), C (brown), D (yellow) and E (green) packaging. The results of the analysis of packaging design selection, the packaging code that is preferred by consumers is packaging code D (yellow combination red) which gives a warm impression with an average score of 3.79. The information attributes on the label are said to be less clear except in the name of the product because of the average score of the assessment of the level of clarity of the attribute ? 4. This is due to typography, layout and color selection in each attribute that is not quite right.