Detail Karya Ilmiah

  • Penentuan Strategi Pengembangan Usaha Brem Tongkat Mas Di Kabupaten Madiun
    Penulis : DHATU MALIA ZAIN
    Dosen Pembimbing I : Dr. Ir. Raden Faridz, MP
    Dosen Pembimbing II :Dr. Ir. H. Asfan, MP
    Abstraksi

    Salah satu usaha agroindustri di Kabupaten Madiun adalah usaha brem. Usaha brem tongkat mas di Kabupaten Madiun memiliki kendala diantaranya di bidang pemasaran. Hal ini disebabkan oleh proses produksi yang dilakukan masih secara manual, belum memadainya kualitas produk dan juga promosi brem yang belum maksimal, sehingga berimbas pada penjualan produk brem. Data Badan Pusat Statistik Kabupaten Madiun (2014), menunjukkan bahwa Kabupaten Madiun memiliki 51 agroindustri brem. Usaha brem memiliki potensi yang saat strategis sehingga perlu untuk di kembangakan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis lingkungan internal (IFE) dan analisis lingkungan eksternal (EFE), matrik internal eksternal (IE), matrik SWOT dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matriks ). Dari hasil penelitian ada 8 alternatif yang diperoleh dari matrik SWOT dan matrik IE. Pada matrik QSPM diperoleh prioritas strategi yang dapat di terapkan dalam usaha brem tongkat mas adalah 1. Meningkatkan kemampuan produksi dengan modernisasi teknologi pengolahan dan memanfaatkan teknologi pemasaran. 2. Bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja untuk meningkatkan kompetensi kerja. 3. Meningkatkan kualitas tenaga kerja. 4. Memanfaatkan brem sebagai makanan khas Madiun dalam pemasaran. 5. Melakukan inovasi terhadap produk yang akan dipasarkan. 6. Memanfaatkan perkembangan teknologi pengolahan dengan bantuan dari pihak pemerintah. 7. Mengantisipasi para pesaing dengan melakukan promosi untuk menarik konsumen. 8. Memanfaatkan dukungan dari pemerintah untuk menambah modal. Kata Kunci : Strategi pengembangan usaha, SWOT, QSPM

    Abstraction

    One of the agro-industrial enterprises in Madiun is the business of Brem. Data Central Statistic District of Madiun (2014), leads The Madiun District has 51 Agro-industrial Brem. The Brem business has a strategic potential so it is necessary to be developed. Analyses used in this study are internal environmental analysis (IFE) and external environmental Analysis (EFE), external internal matrix (IE), the SWOT matrix and QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). From The research results there are 8 alternatives obtained from SWOT matrix and IE matrix. At QSPM Matrix obtained the priority strategy that can be applied in the business of the Brem Tongkat Mas are 1. Increase production capability by modernizing processing technology and utilizing marketing technology. 2. Cooperate with Training Hall to improve work competence. 3. Improve the quality of labor. 4. Utilize Brem as an emblematic Madiun food in marketing. 5. Innovate the product to be marketed. 6. Utilize the development of processing technology with the help of the government. 7. Anticipate competitors by conducting promotions to attract consumers. 8. Utilize government support to increase capital. Keywords: Business Development Strategy, SWOT, QSPM

Detail Jurnal