Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Garam Fortifikasi Kelor
    Penulis : Ana Dwi Astutik
    Dosen Pembimbing I : Iffan Maflahah, S.TP,. M.Si
    Dosen Pembimbing II :Rakhmawati, STP.,MT
    Abstraksi

    Garam fortifikasi kelor merupakan garam baru yang dilakukan penambahan ekstrak kelor sebagai fortifikan. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui atribut apa saja yang menjadi preferensi konsumen terhadap garam fortifikasi kelor. 2) mengetahui urutan kepentingan atribut yang menjadi pertimbangan konsumen dalam melakukan pembelian terhadap garam fortifikasi kelor. Metode yang digunakan adalah analisis chi square dan analisis multiatribut fishbein. Hasilnya bahwa yang menjadi preferensi konsumen dalam melakukan pembelian terhadap garam fortifikasi kelor jika dilihat dari produknya adalah rasa yang berbeda dengan garam iodium, warna hijau yang manarik, tekstur kasar, dengan harga garam yang murah, dan masa simpan yang lebih lama. Sedangkan jika dilihat dari kemasan garam fortifikasi kelor preferensi konsumen adalah bahan kemasan yang sesuai dengan keinginan konsumen, desain yang menarik, informasi yang lengkap, dengan kemasan yang tidak mudah rusak/ tahan lama dan dicantumkan berat bersih yang sesuai dengan isinya. Atribut yang paling dipertimbangkan dalam melakukan pembelian terhadap garam fortifikasi kelor dilihat dari produk garam fortifikasi kelor adalah masa simpan, harga, rasa, tekstur dan warna. Sedangkan dari kemasan garam fortifikasi adalah berat bersih, kelengkapan informasi, bahan kemasan, desain dan ketahanan kemasan. Kata kunci: garam fortifikasi kelor, preferensi konsumen, chi square, multiatribut fishbein.

    Abstraction

    Moringa fortification salt is a new salt that is added by Moringa extract as fortification. The purpose of this study is 1) to find out what attributes are consumer preferences for moringa salt fortification. 2) knowing the order of importance of attributes that are considered by consumers in making purchases of Moringa fortification salt. The method used is chi square analysis and fishbein multi-attribute analysis. The result is that consumers' preference in purchasing Moringa fortification salt when viewed from the product is a different taste with iodine salt, attractive green color, rough texture, and cheap salt prices, and a longer shelf life. Whereas if seen from the salt package, Moringa fortification of consumer preference is packaging material that is in accordance with the wishes of consumers, attractive design, complete information, with packaging that is not easily damaged / durable and has a net weight according to its contents. The attributes most considered in making purchases of Moringa fortification salts seen from Moringa fortification salt products are shelf life, price, taste, texture and color. Whereas from fortified salt packages are net weight, complete information, packaging materials, design and packaging durability Keywords: Moringa fortification salt, consumer preference, chi square, fishbein multiattribute

Detail Jurnal