Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS STRATEGI INDUSTRI JAMU UD MADURA SARI DENGAN PENDEKATAN BLUE OCEAN STRATEGYPenulis : Febri KurniawanDosen Pembimbing I : Ir. Muhammad Fakhry, MPDosen Pembimbing II :Khoirul Hidayat, S.T., M.TAbstraksi
Banyaknya industri kecil obat tradisional yang berada di dalam maupun diluar Kabupaten Sampang menyebabkan persaingan antar industri jamu semakin ketat. UD Madura Sari merupakan salah satu industri jamu yang terletak di Jl. Pahlawan, Kelurahan Rongtenggah, Kecamatan Sampang. Ketatnya persaingan terutama dari pesaing jamu di wilayah Kabupaten Sampang berdampak pada pendapatan dari UD Madura Sari yang semakin tahun semakin menurun. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kondisi UD Madura Sari berdasarkan tingkat persaingan industri jamu di Kabupaten Sampang dan untuk mengetahui dan menganalisis posisi industri dalam menentukan strategi yang tepat dalam persaingan. Penelitian ini menggunakan metode Blue Ocean Strategy sebagai siasat untuk menaklukkan pesaing melalui tawaran fitur yang inovatif yang selama ini diabaikan oleh para pesaing, kemudian menggunakan sistem kerangka kerja empat langkah untuk mengetahui faktor yang harus di hapuskan, kurangi, tingkatkan dan ciptakan, serta fokus strategi. Hasil dari analisis matriks IFAS didapatkan total skor 2,5521 serta pada analisis matriks EFAS didaptkan total skor 3,0886. Analisis pada diagram SWOT menunjukkan UD Madura Sari berada pada kuadran ketiga, dimana UD Madura Sari harus melakukan perubahan strategi. Kerangka kerja empat langkah menunjukkan faktor yang dihapuskan tidak ada, karena semua faktor dianggap penting bagi perusahaan, faktor yang dikurangi yaitu harga produk, faktor yang ditingkatkan meliputi kemanan produk, kemasan produk, kaulitas pengiriman, kualitas pelayanan dan garansi produk, dan faktor yang diciptakan yaitu pembukaan cabang penjualan, menerima pesanan serta memasarkan melalui media sosial. Fokus strategi dari UD Madura Sari yaitu pada faktor ciptakan pembukaan cabang penjualan dan memasarkan melalui media sosial, karena memiliki nilai tertiggi yaitu 3,56 dan 3,72 berdasarkan hasil penyebaran kuesioner. Kata kunci : Strategi Bersaing, UD Madura Sari, Blue Ocean Strategy.
AbstractionA lot of small industries of traditional medicine that are inside or outside of sampang regency has caused the competition between traditional medicine to be increasingly. UD Madura Sari is one of the traditional medicine are located on Jl. Pahlawan, Rongtenggah Village, Sampang District. The tight competition, especially from herbal medicine competitors in the Sampang regency, has an impact on the income of UD Madura Sari, which is decreasing in the last two years. This research was conducted to determine the condition of UD Madura Sari based on the level of competition in the traditional medicine industries in Sampang Regency and to know and analyze the position of the industry in determining the right strategy in competition. This study uses the Blue Ocean Strategy method as a strategy to conquer competitors through offering innovative features that have been ignored by competitors. The results of the IFAS matrix analysis obtained a total score of 2.5521 and in the EFAS matrix analysis a total score of 3.0886 was obtained. The analysis on the SWOT diagram shows that UD Madura Sari is in the third quadrant, where UD Madura Sari must make a change of strategy. The four-step framework shows that the abolished factors is nothing, because all factors are considered important for the company, the factors being reduced are product prices, improved factors including product safety, product packaging, delivery quality, service quality and product warranty, and factors that are created is opening of sales branches, receiving orders and marketing through social media. The focus strategy of UD Madura Sari is to create a branch of sales and market through use social media, because it has the highest value of 3.56 and 3.72 based on the results of questionnaires. Keywords : Competitive Strategy, UD Madura Sari, Blue Ocean Strategy