Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Strategi Pemasaran PR. Cahaya Pro Pamekasan
    Penulis : M. Fatkhul Muin
    Dosen Pembimbing I : Dr. Ir. Abdul Azis Jakfar, M.T
    Dosen Pembimbing II :Khoirul Hidayat S.T.,MT
    Abstraksi

    Berkembangnya industri rokok di Madura secara tidak langsung menimbulkan persaingan. Persaingan yang terjadi dapat mempengaruhi hasil penjualan PR. Cahaya Pro. Strategi pemasaran merupakan suatu cara untuk menentukan segmentasi pasar dan melayani konsumen. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi pemasaran yang dapat diterapkan PR. Cahaya Pro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis SWOT (Strengths Weakness Opportunities Treats) dan QSPM. Tahap pengumpulan data dilakukan melaui wawancara. Tahap pengolahan data menggunakan Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Matriks SWOT, Matriks Grand Strategi dan Matriks QSPM. Hasil Matriks IFE sebesar 3,352 menunjukan kondisi internal perusahaan yang kuat dan hasil Matriks EFE sebesar 3,609 menunjukan hasil kondisi eksternal perusahaan kuat. Hasil Matriks IE, Grand Strategi dan matriks SWOT menunjukan strategi alternatif yang dapat digunakan perusahaan adalah penetrasi pasar,pengembangan pasar dan pengembangan produk. Strategi yang dapat diterapkan perusahaan didapat dari matriks QSPM dengan mencari daftar prioritas adalah menambah jumlah kapasitas produksi (pengembangan produk), melakukan promosi menggunakan media sosial (penetrasi pasar), dan mengembangkan lokasi pemasaran (pengembangan pasar).

    Abstraction

    The development of the cigarette industry in Madura indirectly creates competition. Competition that occurs can affect the results of PR. Cahaya Pro sales. Marketing strategy is a way to determine market segmentation and serve consumers. The purpose of this study is to determine marketing strategies that can be applied by PR. Cahaya Pro. The method used in this study is the SWOT (Strengths Weakness Opportunities Treats) and QSPM Analysis. The data collection stage is carried out through interviews. The data processing stage uses the IFE Matrix, EFE Matrix, IE Matrix, SWOT Matrix, Grand Strategy Matrix and QSPM Matrix. The results of the IFE Matrix of 3.352 indicate strong internal company conditions and the results of the EFE Matrix of 3.609 show the results of strong external company conditions. The results of the IE Matrix, Grand Strategy and SWOT matrix show that alternative strategies that can be used by the company are market penetration, market development and product development. The strategies that companies can apply are obtained from the QSPM matrix by finding a priority list, namely increasing the amount of production capacity (product development), conducting promotions using social media (market penetration), and developing marketing locations (market development).

Detail Jurnal