Detail Karya Ilmiah

  • PENILAIAN KONSUMEN TERHADAP DESAIN KEMASAN IKAN ASIN KHAS BANYUSANGKAH KECAMATAN TANJUNG BUMI, MADURA
    Penulis : Silka Amaliya Farha
    Dosen Pembimbing I : Dr. Fuad Hasan, SP., MP.
    Dosen Pembimbing II :Dr. Isdiana Suprapti, SP., MM.
    Abstraksi

    Produk ikan asin khas Banyusangkah masih belum memiliki kemasan yang layak, sehingga belum mampu bersaing dengan produk olahan ikan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kemasan ikan asin khas Banyusangkah yang diharapkan oleh konsumen, (2) mengetahui penilaian konsumen terhadap atribut kemasan ikan asin khas Banyusangkah Madura. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Desain kemasan ikan asin khas Banyusangkah yang diharapkan konsumen adalah berbahan aluminium foil, berbentuk kotak persegi pajang, berwarna hitam dan gelap, berukuran sedang (250 g – 500 g) dan terdapat perpaduan gambar produk dan manfaat produk. (2) Atribut-atribut yang perlu dicantumpak adalah bentuk, bahan, ukuran dan logo kemasan, nama brand, nama produk, tanggal kadaluarsa, klaim halal, PIRT dan tanggal produksi, ergonomis, simpel dan elegan. Kata kunci : Kemasan, Atribut Kemasan, Penilaian Konsumen

    Abstraction

    Banyusangkah's specialty salted fish products still do not have proper packaging, so it has not been able to compete with other processed fish products. This resarch aims to (1) analyze the packaging of special salted fish of Banyusangkah expencted by consumers, (2) to find out consumer ratings of the attributes of packaging of special salted fish of Banyusangkah Madura.This research uses descriptive analysis method. The results of this study are (1) The packaging design special salted fish of Banyusangkah consumers expect is namely aluminum foil-shaped packaging, square-shaped square box, black and dark, medium size (250 g - 500 g) and there is a combination of product images and product benefits. (2) The attributes that need to be addressed are the form, material, packaging size and logo, brand name, product name, expiration date, halal claim, PIRT and date of production, ergonomic, simple and elegant. Keywords : Packaging, Packaging Attributes, Consumer Assessment

Detail Jurnal