Detail Karya Ilmiah
-
SIKAP DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN BERAS ORGANIK DI BANGKALANPenulis : HatijahDosen Pembimbing I : Dr. Fuad Hasan, SP.,MPDosen Pembimbing II :Dr. Mardiyah Hayati, SP.,MPAbstraksi
Beras organik memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan beras non-organik. Oleh karena itu, pemasaran beras organik harus didasarkan pada karakteristik dan perilaku konsumen. Salah satu studi perilaku konsumen yang perlu diketahui yaitu proses pengambilan keputusan serta komponen-komponen yang mempengaruhi keputusan pembelian, karena dapat menjadi landasan yang penting didalam pemasaran sehingga dapat membidik pembeli secara lebih terarah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian beras organik di Bangkalan serta menganalisis sikap konsumen dalam pembelian beras organik. Penelitian dilakukan di Hypermart. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan analisis fishbein. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor produk (X1), tempat (X3) dan motivasi (X5) berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian (Y) beras organik. Sedangkan hasil dari analisis fishbein menunjukkan bahwa sikap konsumen terhadap beras organik adalah cukup baik, kemudian atribut terpenting yang menjadi pertimbangan dalam proses keputusan pembelian beras organik yaitu atribut khasiat.
AbstractionOrganic rice has a higher price compared to non-organic rice. Therefore, marketing organic rice must be based on consumer characteristics and behavior. One study of consumer behavior that needs to be known is the decision-making process and the components that influence purchasing decisions, because it can be an important foundation in marketing so that it can target buyers more directed. The purpose of this study was to determine the factors that influence consumers in making purchasing decisions for organic rice in Bangkalan and analyze consumer attitudes in purchasing organic rice. The research was conducted at Hypermart. The research method used is multiple linear regression analysis and fishbein analysis. The results showed that product factors (X1), place (X3) and motivation (X5) partially influence the purchasing decisions (Y) of organic rice. While the results of the fishbein analysis show that consumer attitudes towards organic rice are quite good, then the most important attributes that are taken into consideration in the process of purchasing organic rice are attributes of efficacy.