Detail Karya Ilmiah

  • Saluran dan Margin Pemasaran Bebek Pedaging di Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan.
    Penulis : FAJRIYAH ARDILLAH
    Dosen Pembimbing I : DR. FUAD HASAN, SP., MP.
    Dosen Pembimbing II :ANDRIE KISROH SUNYIGONO, SP., MP., Ph. D
    Abstraksi

    Bebek pedaging adalah salah satu komoditas potensial di Kecamatan Burneh, Kabupaten Bangkalan, tetapi pemasarannya masih memberikan daya tawar yang rendah bagi peternak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis saluran, margin dan efisiensi pemasaran bebek pedaging di Kecamatan Burneh, Kabupaten Bangkalan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian dan wawancara dengan bantuan kuesioner. Hasil analisis menunjukkan bahwa di Kecamatan Burneh ada empat saluran pemasaran bebek pedaging yaitu (1) 0-tingkat: peternak - konsumen akhir, (2) 1-tingkat model A: peternak - pedagang pengecer - konsumen akhir, (3) 1-tingkat model B: peternak - pedagang pengumpul - konsumen akhir dan (4) 2-tingkat: peternak - pedagang pengumpul - pedagang pengecer - konsumen akhir. Saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran pemasaraan 0-tingkat karena hasil analisis menunjukkan bahwa saluran tersebut memilki margin terendah (tidak ada margin) dan bagian peternak yang paling tinggi (100%). Kata kunci: bebek pedaging, saluran pemasaran, margin pemasaran.

    Abstraction

    Broiler duck was a potential commodity in Burneh Subdistrict, Bangkalan Regency, but the marketing still giving low bargaining power for the farmers. The aims of this study to find out and analyse the marketing channel, marketing margin and marketing efficiency of broiler duck in Burneh Subdistrict. The methods used to collect data were survey or observation and interviews supported by questionaires. The analysis showed that there were four kinds of broiler duck marketing channels in Burneh Subdistrict; (1) level-0: farmer - consumer, (2) level-1 type A: farmer - retailer - consumer, (3) level-1 type B: farmer - wholesaler - consumer and (4) level-2: farmer - wholesaler - retailer - consumer. The most efficient of the marketing channels was level-0 marketing channel because the analysis result showed that it was lower marketing margin (no margin) and highest farmer’s share (100%). Key words: broiler duck, marketing channel, marketing margin.

Detail Jurnal