Detail Karya Ilmiah
-
STRATEGI BISNIS INDUSTRI KERAJINAN TEMPURUNG KELAPA MARLEAN DI KABUPATEN BLITARPenulis : Mila RosantiDosen Pembimbing I : Dr. Mardiyah Hayati SP., MP.Dosen Pembimbing II :Dr. Teti Sugiarti, SP., M.Si.Abstraksi
IKM Marlean industri kerajinan tas tempurung kelapa yang sudah mampu menembus pasar Nasional dan Internasional akan tetapi masih mengalami beberapa kendala yaitu tenaga kerja yang minim, kurangnya promosi, produksi tidak mampu berskala besar, dan teknologi masih sederhana. sehingga perlu adanya strategi bisnis bagi IKM Marlean. Tujuan dari Penelitian ini adalah Mengetahui Bisnis Model Kanvas pada IKM Marlean dan mengetahui strategi pengembangan IKM Marlean di Desa Wonodadi Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Businnes Model Canvas (BMC) dan analisis SWOT. Hasil analisis menunjukkan bahwa model bisnis yang diterapkan oleh IKM Marlean adalah dengan memadukan 9 blok elemen yang terdiri dari value propositions, customer segment, channels, customer relationships, revenue streams, key resources, key activities, key partnerships, cost structure.Sedangkan berdasarkan analisis SWOT menunjukkan bahwa IKM Marlean berada pada kuadran 1, karena faktor kekuatan dan peluang lebih dominan. Strategi yang diterapkan adalah strategi pertumbuhan agresif (SO)
AbstractionMarlean IKM, the coconut shell bag craft industry that has been able to penetrate the National and International markets but still has some obstacles, namely minimal labor, lack of promotion, large-scale inadequate production, and simple technology. so there is a need for a business strategy for Marlean IKM. The purpose of this study was to find out about the Canvas Model Business in Marlean IKM and find out the strategy for developing the Marlean IKM in Wonodadi Village, Wonodadi Sub-District, Blitar District. The method used in this study is Businnes Model Canvas (BMC) and SWOT analysis. The results of the analysis show that the business model applied by the Marlean SMI is to combine 9 blocks of elements consisting of value propositions, customer segments, channels, customer relationships, revenue streams, key resources, key activities, key partnerships, cost structure. While based on SWOT analysis shows that the Marlean IKM is in quadrant 1, because the factors of strength and opportunity are more dominant. The strategy applied is an aggressive growth strategy (SO).