Detail Karya Ilmiah
-
PERILAKU KONSUMEN OLE OLANG RESTO BANGKALAN, MADURAPenulis : Sisdanty Dwi RomaniaDosen Pembimbing I : Dr. Mardiyah Hayati, S.P., M.PDosen Pembimbing II :Dr. Isdiana Suprapti, S.P., M.MAbstraksi
Kabupaten Bangkalan merupakan salah satu destinasi wisata dengan jumlah wisatawan yang semakin bertambah pasca pembangunan Jembatan Suramadu pada 2009. Jumlah rumah makan yang ada di Kabupaten Bangkalan pada tahun 2013 sebanyak 118 rumah makan dan meningkat menjadi 129 rumah makan pada tahun 2016. Salah satu restoran yang ada di Kabupaten Bangkalan adalah Ole Olang Resto Bangkalan. Ciri khas restoran yang lekat dengan budaya Madura dan nuansa alam. Ole Olang Resto Bangkalan juga menawarkan dua pilihan tempat makan yaitu formal dan lesehan. Sebagai restoran yang banyak dikunjungi oleh wisatawan non lokal maka Ole Olang Resto Bangkalan menjadi tempat yang tepat untuk menikmati makanan sembari melakukan kegiatan rekreasi, bersantai dan pengadaan acara. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui sikap konsumen terhadap sikap dan norma subyektif Ole Olang Resto Bangkalan, 2) mengetahui faktor apa yang menjadi prioritas konsumen saat menentukan keputusan pembelian di Ole Olang Resto Bangkalan. Metode penelitian yang digunakan adalah analiis multiatribut fishbein dan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap total konsumen terhadap atribut restoran masuk pada kategori baik dan norma subyektif masuk pada kategori cukup berpengaruh. Faktor yang menjadi prioritas utama konsumen saat menentukan keputusan pembelian adalah faktor kualitas makanan. Kata kunci: Perilaku konsumen, Fishbein, Analisis Faktor
AbstractionBangkalan Regency is one of the tourist destinations with the increasing numbers of tourists after the construction of the Suramadu Bridge in 2009. The number of restaurants in Bangkalan Regency in 2013 was 118 restaurants and increased to 129 restaurants in 2016. One of the restaurants is in Bangkalan Regency is Ole Olang Resto Bangkalan. The spesific characteristic of a restaurant that is closely related to Madura culture and natural nuances. Ole Olang Resto Bangkalan also offers two options place to eat namely formal and lesehan. As a restaurant that is visited by many non-local tourists, Ole Olang Resto Bangkalan is the right place to enjoy food while doing recreational activities, relaxing and providing events. The purpose of this study are 1) to find out the consumer attitudes towards the subjective attitudes and norms of Ole Olang Resto Bangkalan, 2) to know what factors are the priority of consumers when deciding purchasing decisions in Ole Olang Resto Bangkalan. The research method used is a multi-attribute analysis of fishbein and factor analysis. The results of the study showed that the total consumer attitude towards restaurant attributes was in the good category and subjective norms were included in the quite influential category. Factors that are the top priority of consumers when deciding purchasing decisions are food quality factors. Key words: Consumer Attitudes, Fishbein, Factor Analysis.