Detail Karya Ilmiah

  • STRATEGI PERINTISAN PENDIRIAN USAHA PRODUK FRUIT LEATHER BUAH EKSOTIK MADURA DI BANGKALAN
    Penulis : SITI NURHAYATI
    Dosen Pembimbing I : Dr. Elys Fauziyah, SP., MP
    Dosen Pembimbing II :Dr. Fuad Hasan, SP., MP
    Abstraksi

    Madura memiliki potensi besar dalam produksi buah eksotik seperti Salak, Siwalan, Nangka, Nanas, Pepaya, serta jambu. Umumnya petani buah hanya menjual hasil produksinya dalam bentuk primer, dan hanya sedikit sekali petani yang melakukan pengolahan untuk menambah nilai ekonominya. Fruit leather merupakan salah satu produk olahan bernilai ekonomi tinggi dan memiliki prospek yang baik untuk dikembangkan. Tujuan penelitian ini mengetahui kondisi lingkungan strategis (internal dan eksternal) dari usaha produk fruit leather buah eksotik Madura dan merumuskan strategi yang dapat diterapkan dalam perintisan usaha produk fruit leather buah eksotik Madura. Metode analisis yang digunakan adalah analisis diskriptif kualitatif mengacu pada teori IFE dan EFE, dan IE. Hasil penelitian menunjukkan faktor strategis internal yang menjadi kekuatan adalah lokasi usaha produk fruit leather berada di daerah bahan baku. Kelemahan terbesar dalam usaha fruit leather adalah harga produk fruit leather yang mahal. Sedangkan faktor strategis eksternal yang menjadi peluang adalah potensi keberadaan bahan baku yang cukup besar. Kemudian ancaman dari usaha produk fruit leather yaitu persaingan dengan produk olahan yang sejenis. Rekomendasi strategi yang dapat diterapkan dari adalah melakukan penetrasi pasar dan pengembangan produk.

    Abstraction

    Madura have huge potencies in exoctic fruits production such as Snakefruit, Palmyra Fruit, Jackfruit, Pineapple, Papaya and Guava. Usually fruit farmers sold their products in its primary form and only few farmers who processed it to increase its economy value. Fruit leather is one of processed product with high economy value and have promising prospect to be developed. The purpose of this research is to find out the condition of strategic environment (internal and external) from fruit leather business products made of madura exotic fruit. At the same time to formulate strategies which could be applied to establish fruit leather business. The method of analysis is using descriptive qualitative which refers to IFE, EFE and IE theories. The research result show, the strength of internal strategic factor is the raw ingredients could be obtained within the area of fruit leather business product. The weaknesses of fruit leather business are its price which quite expensive. In the other hand, the opportunity from external strategic factor is, the potencies of raw ingredient are quite large. Competition with similar product become threat for fruit leather business products. The recommended strategy is market penetration and developing products.

Detail Jurnal