Detail Karya Ilmiah

  • Strategi Bisnis Ole Olang Resto di Bangkalan, Madura
    Penulis : Raudhatul Jannah
    Dosen Pembimbing I : Dr. Mardiyah Hayati, S.P., M.P
    Dosen Pembimbing II :Dr. Isdiana Suprapti, S.P., M.M
    Abstraksi

    Bangkalan merupakan salah satu daerah tujuan wisata yang banyak diminati. Semakin berkembangnya wisata menimbulkan kebutuhan akan penunjang wisata seperti angkutan umum, penginapan, pusat oleh-oleh dan restoran. Restoran yang sangat kental dengan budaya Madura dan bersertifikat Halal dari MUI adalah Ole Olang Resto. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui tahapan strategi pengembangan usaha Ole Olang Resto (2) mengetahui Business Model Canvas yang ada di Ole Olang Resto. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT untuk menjawab tujuan yang pertama yaitu mengetahui strategi pengembangan usaha Ole Olang Resto. Business Model Canvas digunakan untuk menjawab tujuan yang kedua yaitu mengetahui Business Model Canvas yang ada di Ole Olang Resto. Berdasarkan hasil dari diagram SWOT Ole Olang Resto berada di kuadran 1. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini ialah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif. Strategi yang direkomendasikan adalah melakukan inovasi produk dengan cara mencari informasi melalui teknologi informasi yang ada, meningkatkan pengguaan media sosial untuk melakukan promosi secara online secara continue, meningkatkan pelayanan dan fasilitas sekunder menggunakan informasi yang ada untuk kepuasan konsumen. Berdasarkan Business Model Canvas yang ada di Ole Olang Resto, Ole Olang Resto menerapkan model bisnis yang umumnya sudah diterapkan oleh pebisnis lain dengan mengkombinasikan 9 blok elemen. Elemen tersebut yaitu segmentasi konsumen yang akan dituju oleh Ole Olang Resto, memiliki produk yang ditawarkan kepada konsumen, memiliki mitra kerja, serta melakukan promosi dan persediaan untuk mengelola restoran. Kata Kunci: Strategi Bisnis, Analisis SWOT, BMC

    Abstraction

    Bangkalan is one of the most popular tourist destinations. The development of tourism has led to the need for tourism support. Such as public transportation, lodging, souvenir centers and restaurants. A restaurant that is very identical with Madura culture and Halal certified from MUI is Ole Olang Resto. The objectives of this study were: (1) to find out the stages of the business development strategy of Ole Olang Resto (2) to find out about the Business Model Canvas in Ole Olang Resto. The data analysis method used is the SWOT analysis to answer the first goal that is knowing the business development strategy of Ole Olang Resto. A Business Model Canvas is used to answer the second goal, which is to know the Business Model Canvas in Ole Olang Resto. Based on the results of the SWOT diagram, Ole Olang Resto is in 1st quadrant. The strategy that must be applied in this condition is supporting the aggressive growth policies. The recommended strategy is to innovate products by finding information through existing information technology, increase the usage of social media to carry out continuous online promotions, improve services and secondary facilities using existing information for consumer satisfaction. Based on the Business Model Canvas in Ole Olang Resto, Ole Olang Resto applied a business model that has generally been applied by other business people by combining 9 blocks of elements. The element is the segmentation of consumers that will be addressed by Ole Olang Resto which have products offered to consumers, have work partners, and carry out promotions and supplies to manage restaurants. Keywords: Business Strategy, Restaurants, SWOT Analysis, BMC

Detail Jurnal