Detail Karya Ilmiah
-
Strategi Pengembangan Objek Wisata Pantai Idola Di Desa Banyutowo Dukuhseti PatiPenulis : Nur Roihanah ZulfaDosen Pembimbing I : Dr. Fuad Hasan, SP. MPDosen Pembimbing II :Dr. Elys Fauziyah, SP. MPAbstraksi
Kabupaten Pati merupakan salah satu kota yang memiliki banyak daya tarik wisata alam, wisata religi, dan wisata budaya. Salah satu daya tarik wisata yang banyak dikunjungi di Kabupaten Pati adalah Objek Wisata Pantai Idola. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal pengembangan Objek Wisata Pantai Idola Banyutowo di Kabupaten Pati. 2) mengetahui strategi pengembangan apa saja yang perlu dilakukan pemerintah Kabupaten Pati dalam pengembangan Objek Wisata Pantai Idola Banyutowo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis IFAS dan EFAS, dan Analisis Matriks SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan posisi Objek Wisata Pantai Idola berada dikuadran I karena faktor kekuatan dan peluang lebih dominan dari faktor kelemahan dan ancaman. Sehingga strategi yang digunakan adalah strategi S-O (strength–opportunity) yaitu dukungan pemerintah melalui peraturannya untuk membantu pengembangan objek wisata, meningkatkan kualitas pelayanan melalui pengembangan objek wisata baru dengan membuka wahana baru, dan meningkatkan kunjungan wisatawan melalui kualitas pelayanan dan di dukung dengan harga tiket yang terjangkau. Kata kunci: Objek Wisata Pantai Idola, Formulasi Strategi Pengembangan, Analisis Matriks SWOT, Strategi S-O (strength–opportunity)
AbstractionPati Regency is one of the cities that has many tourist attraction of nature, religious tourism and cultural tourism . One of the most visited tourist attraction in Pati Regency is Idol Beach Tourism. The purpose of this study is 1) Identify internal and external factors development of Idol Beach Banyutowo Tourist attraction in Pati Regency. 2) Knowing the development strategy what need to be done by Pati Regency government in developing Idol Beach BanyutowoTourism. The methods used in this study are IFAS and EFAS Analysis, and SWOT Matrix Analysis. The research of this study show that the position of Idol Beach Banyutowo Tourism position is in quadrant I because strength factor and the opportunity is more dominant than the weakness and threat factor. So the strategy that used is S-O (strength-opportunity) strategies that is support of government through its regulation to help develop tourism, improve the service quality through development new tourism by opening new rides, and increasing tourist visits through service quality and supported by ticket price affordable. Key words: Idol Beach Tourism Attraction, Development Strategy Formulation, SWOT Matrix Analysis, S-O Strategy (strength-opportunity)