Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PROFESIONALISME, BUDAYA ORGANISASI DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA (Studi Pada Guru SMKN 2 Sampang)
    Penulis : Mahmud Yunus
    Dosen Pembimbing I : Dr. RM. Mochammad Wispandono, SE. MS
    Dosen Pembimbing II :Dr. Muhammad Alkirom Wildan, SE., M.Si.
    Abstraksi

    Yunus Mahmud, Pengaruh Profesionalisme guru, budaya organisasi dan kepemimpinan Terhadap Kinerja Guru SMKN 2 Sampang. Dibawah bimbingan Dr. RM. Mochammad Wispandono, SE. MS dan Dr. Muhammad Alkirom Wildan, SE., M.Si. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Profesionalisme guru, budaya organisasi dan kepemimpinan Terhadap Kinerja Guru. Pengambilan data primer menggunakan instrumen angket. Data dianalisis menggunakan teknik uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis yaitu regresi ganda dan korelasi parsial menggunakan SPSS 17. Hipotesis yang diajukan yakni Profesionalisme guru, budaya organisasi dan kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh linier yang positif dan signifikan profesionalisme guru 2.253 dan budaya organisasi 2.395 dan kepemimpinan 2.456 dengan kinerja guru dengan sumbangan determinasi sebesar 24%. Kemudian dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi Profesionalisme guru, budaya organisasi dan kepemimpinan maka semakin berpengaruh terhadap kinerja guru SMKN 2 Sampang. Diharapkan di masa akan datang guru dan kepala sekolah dapat lebih meningkatkan Profesionalisme guru, budaya organisasi dan kepemimpinan yang lebih baik lagi sehingga dapat meningkatkan kinerja guru SMKN 2 Sampang. Kata Kunci: profesionalisme, budaya organisasi, kepemimpinan, kinerja

    Abstraction

    Yunus Mahmud, The Effect of Professionalism, Organizational Culture and Leadership On Teacher’s Performance in SMKN 2 Sampang. Under the guidance of Dr. RM. Mochammad Wispandono, SE. MS and Dr. Muhammad Alkirom Wildan, SE., M.Sc. The purposes of this study are to determine the effect of professionalism, organizational culture and leadership on teacher’s performance, simultaneously and partially. Primary data collected by questionnaires. Data were analyzed using the classic assumption test. Using the multiple linear regression analysis, the results showed that organizational culture and leadership have a positive and significant effect on teacher’s performance. It showed that there were positive and significant effect among professionalism, organizational culture, and leadership on teacher’s performance with 24% determination contribution. Then it can be concluded that the higher Professionalism teachers, organizational culture and leadership make more increasing the teacher’s performance at SMKN 2 Sampang. It is expected that in the future teachers and principals can improve teacher’s professionalism, organizational culture and better leadership to improve the teacher’s performance at SMKN 2 Sampang. Keywords: professionalism, organizational culture, leadership, performance

Detail Jurnal