Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Tenaga kependidikan Universitas Trunojoyo Madura
    Penulis : Johan Wahyudi,S.H
    Dosen Pembimbing I : Dr. Muhammad Alkirom Wildan, S.E., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Dr. Mohammad Arief, Drs., Ec., M.Si
    Abstraksi

    ABSTRAK Johan Wahyudi, SH. 2018. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan Universitas Trunojoyo Madura, Pembimbing: (1) Dr. Muhammad Alkirom Wildan, SE., M.Si., (2) Dr. Mohammad Arief, Drs.,Ec., M.Si. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja tenaga kependidikan di Universitas Trunojoyo Madura dan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan yang dominan terhadap kinerja tenaga kependidikan di Universitas Trunojoyo Madura. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang menitikberatkan pada pengujian hipotesis, menggunakan data yang terukur dan akan menghasilkan simpulan yang digeneralisirkan. Sedangkan metode pengambilan data yakni dengan Purposive Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner, responden dihubungi melalui daftar pertanyaan tertulis, yang bentuknya merupakan kuesioner (angket) berstruktur. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan analisis regresi berganda yang digunakan untuk mencari ada tidaknya pengaruh dari gaya kepemimpinan terhadap kinerja tenaga kependidikan. Analisis utama dalam penelitian ini adalah analisis regresi yang mempresentasikan seberapa besar hubungan dan pengaruh independen yaitu gaya kepemimpinan yang meliputi gaya kepemimpinan otokratis (X1), gaya kepemimpinan demokratis (X2) dan gaya kepemimpinan kendali bebas (X3) terhadap dependen yaitu kinerja tenaga kependidikan. Sedangkan, untuk objek penelitian yang diambil dalam penelitian ini adalah Universitas Trunojoyo Madura dengan populasi yang berjumlah sebanyak 182 dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 65 responden. Hasil analisis ditemukan bahwa variabel gaya kepemimpinan yang meliputi gaya kepemimpinan otokratis, gaya kepemimpinan demokratis dan gaya kepemimpinan kendali bebas. Gaya kepemimpinan demokratis berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja tenaga kependidikan. Hasil pengujian variabel yang dominan sebagai berikut; variabel gaya kepemimpinan otokratis (X1) sebesar 0,397 dan gaya kepemimpinan demokratis (X2) sebesar 0,687 dan gaya kepemimpinan kendali bebas (X3) sebesar 0,203. Dengan demikian variabel yang dominan terhadap kinerja tenaga kependidikan pada penelitian ini adalah gaya kepemimpinan demokratis (X2). Kata kunci: Gaya Kepemimpinan Otokrasi, Gaya Kepemimpinan Demokrasi, Gaya Kepemimpinan Laissez Faire (Kendali Bebas, Kinerja Tenaga Kependidikan

    Abstraction

    ABSTRACT Johan Wahyudi, SH. 2018. The Influence of Leadership Style on the Performance of Educational Staff Trunojoyo University of Madura, Counselor: (1) Dr. Muhammad Alkirom Wildan, SE., M.Si., (2) Dr. Mohammad Arief, Drs.,Ec., M.Si. This study aims to determine the effect of leadership style on the performance of education personnel at Trunojoyo University of Madura and to determine the influence of dominant leadership style on the performance of educational staff at Trunojoyo University of Madura. This study uses quantitative research that focuses on hypothesis testing, using measured data and will generate generalized conclusions. While the data retrieval method is by Purposive Sampling. Data collection method used in this study is using questionnaires, respondents contacted through a list of questions written, which form is a questionnaire (questionnaire) structured. The technique used in this study with multiple regression analysis approach used to find the presence or absence of influence from the leadership style on the performance of educational personnel. The main analysis in this research is regression analysis which shows how independent relationship and influence are leadership style which include autocratic leadership style (X1), democratic leadership style (X2) and free control leadership style (X3) to dependent that is the performance of education personnel. Meanwhile, for the object of research taken in this study is the University of Trunojoyo Madura with a population of 182 and the sample used in this study as many as 65 respondents. The results of the analysis found that leadership style variables include the autocratic leadership style, the democratic leadership style and the free control leadership style. Democratic leadership style has a positive and significant effect on employee performance. The results of testing the variables that doniman as follows; the autocratic leadership style (X1) variable of 0.397 and the democratic leadership style (X2) of 0.687 and the free control leadership style (X3) of 0.203. Thus the dominant variable on the performance of education personnel in this study is the style of democratic leadership (X2). Keywords: Leadership Style of Autocracy, Leadership Style of Democracy, Leadership Style of Laissez Faire (Free Control), Performance of Educational Staff

Detail Jurnal