Detail Karya Ilmiah

  • Fenomena Pengelolaan Keuangan Bantuan Operasional Sekolah (BOS)
    Penulis : Rozah Ayu Yuanita,
    Dosen Pembimbing I : Dr. Siti Musyarofah, S.E., M.Si., Ak., CA.
    Dosen Pembimbing II :Dr. Bambang Haryadi, S.E., M.Si., Ak., CA.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan memahami secara mendalam realita di balik pengelolaan keuangan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) serta mendapatkan pemaknaan dari para aktor yang memiliki peran menangani pengelolaan keuangan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) terkait apa-apa yang menjadi lingkup tanggungjawabnya. Termasuk pula disini penggalian faktor motivasional apa yang mengungkungi fenomena pengelolaan keuangan Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Fenomenologi dipilih sebagai metode digunakan untuk mengungkap sesuatu yang tak tampak di balik yang tersajikan dan memaknai peran para aktor. Penelitian dilakukan di satuan unit pendidikan sekolah Penggir Sereng, Kabupaten Polo, salah satu kabupaten di Pulau Madura. Hasil Penelitian Menunjukkan bahwa secara administrasi praktik utuh pengelolaan keuangan BOS di sekolah penggir sereng mulai perencanaan, pelaksanaan sampai dengan pelaporan dan pertanggung jawaban sudah sesuai dengan juknis BOS yang tertuang dalam peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia nomor 161 tahun 2014. Namun dibalik yang tersajikan ditemukan bahwa setiap tahapan pengelolaan keuangan BOS diwarnai penyiasatan. Dengan menggambarkan seluruh fenomena dan permasalahan yang terjadi dalam proses pengelolaan keuangan dana BOS di sekolah, diharapkan ada secercah cahaya dalam sekelumit kisah yang terjadi, perlu adanya perbaikan sistem dan pengendalian internal dalam lingkup manajemen BOS dari pusat sampai dengan di entitas terkecil yaitu sekolah. Kata Kunci: Bantuan Operasional Sekolah, Fenomenologi

    Abstraction

    This study aims to understand in depth the reality behind the financial management of School Operational Assistance (BOS) and to get meaning from the actors who have role in handling financial management of School Operational Assistance (BOS) related to what the scope of responsibility. Also included here is the exploration of what motivational factors that encapsulate the phenomenon of financial management process of School Operational Assistance (BOS). Phenomenology is chosen as a method used to reveal the invisible things that are present and interpret the role of the actors. The research was conducted in unit of school education unit Penggir Sereng, Polo District, one of regency in Madura Island. Research Results Demonstrate that administratively the whole practice of BOS financial management in preparing schools start planning, implementation to reporting and accountability is in accordance with BOS technical guidance as stipulated in the regulation of the minister of education and culture of the Republic of Indonesia number 161 of 2014. However, that every stage of BOS financial management is colored by an alienation. By describing all the phenomena and problems that occur in the financial management process of BOS funds in schools, it is expected that there is a glimmer of light in a little story that happened, there needs to be a system improvement and internal control within the scope of BOS management from the center up to the smallest entity ie school. Keywords: School Operational Assistance, Phenomenology

Detail Jurnal