Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP SURABAYA BUS DI KOTA SURABAYA
    Penulis : Gladys Diah Masita
    Dosen Pembimbing I : Bondan Satriawan,S.E., M.Econ.st
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang mampu memengaruhi perilaku konsumen terhadap Surabaya Bus di Kota Surabaya. Menggunakan data primer yang diperoleh dari Badan Pusat Statistika (BPS) Kota Surabaya dan Dinas Perhubungan Kota Surabaya. Data sekunder diperoleh dengan kuisioner sebanyak 61 responden. Menggunakan teknik purposive sampling guna mengumpulkan data. Metode analisis regresi linier berganda menggunakan Stata 15.0 guna mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan konsumen Surabaya Bus. Hasil regresi menunjukkan bahwa variabel independent yang berpengaruh signifikan yaitu variabel bebas status bekerja (X1) sebesar 0,072 atau 7%, variabel bebas harga barang lain (X6) sebesar 0,056 atau 5% dimana nilai probabilitas variabel X1 dan variabel X6 lebih kecil dari taraf signifikasi sebesar 0,1 atau 10%. Variabel bebas usia (X2), pendapatan (X3), harga, (X4), jarak (X5), kepemilikaan kendaraan (X7) tidak berpengaruh signifikan terhadap permintaan Surabaya Bus. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah Pemerintahah Kota Surabaya sebaiknya memberikan edukasi sejak usia dini tentang penggunaan transportasi publik agar minat konsumen dalam menggunakan transportasi publik semakin meningkat.

    Abstraction

    The purpose of this study is to find out what factors can influence consumer behavior towards Surabaya Bus in Surabaya City. Using primary data obtained from the Central Statistics Agency (BPS) of Surabaya City and the Surabaya City Transportation Agency. Secondary data was obtained by questionnaire as many as 61 respondents. Using a purposive sampling technique to collect data. The multiple linear regression analysis method used Stata 15.0 to find out the factors that influence the Surabaya Bus consumer demand. Regression results indicate that the independent variables that have a significant effect are the independent working status (X1) of 0.072 or 7%, the independent variable price of other goods (X6) is 0.056 or 5% where the probability value of X1 and X6 is smaller than the significance level 0.1 or 10%. The independent variable age (X2), income (X3), price, (X4), distance (X5), ownership of the vehicle (X7) does not significantly influence the demand for Surabaya Bus. Suggestions that can be given in this study are the Government of Surabaya City should provide education from an early age about the use of public transportation so that consumer interest in using public transportation is increasing.

Detail Jurnal