Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS STRUKTUR DAN PERILAKU PASAR INDUSTRI KULINER KATEGORI USAHA RUMAH MAKAN DI KECAMATAN BANGKALANPenulis : Nurul AiniDosen Pembimbing I : Dr. Anita Kristina, S.E., M.SiDosen Pembimbing II :Abstraksi
Usaha rumah makan merupakan salah satu usaha dalam industri kuliner yang ada di Kecamatan Bangkalan. Keberadaan rumah makan di Kecamatan Bangkalan cukup beragam dengan berbagai pilihan masakan yang ditawarkan salah satunya yaitu menu nasi campur yang menjadi menu andalan pada beberapa usaha rumah makan. Keberadaan dari usaha rumah makan yang memiliki ciri khas tersendiri dan beraneka ragam tersebut akan menyebabkan perbedaan diantara rumah makan yang satu dengan rumah makan yang lainnya, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur pasar dan perilaku pasar yang digunakan pada industri kuliner kategori usaha warung makan di Kecamatan Bangkalan. Data diperoleh dari hasil studi lapang, berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metodi survei. Hasil penelitian berdasarkan karakterisitik pasar industri kuliner kategori usaha rumah makan, perhitungan pangsa pasar dan rasio konsentrasi menunjukkan bahwa struktur pasar yang digunakan dalam industri kuliner kategori usaha rumah makan di Kecamatan Bangkalan yaitu struktur pasar oligopoli. Adapun perilaku pasar industri kuliner kategori rumah makan di Kecamatan Bangkalan terkait strategi harga, strategi produk, dan strategi promosi.
AbstractionFood stall is a business in culinary category in Bangkalan. Its existences may vary with various selection of offered menu, one of them is nasi campur or rice and vegetable and other complementary dishes. It becomes the top rank meal of several food stalls. The existences of food stalls which have unique and various features cause differences among one to another. Thus, this research aims to find out market structure and conducts used by the type of business in Bangkalan. The data was gained from field study by interviewing, observing, and documenting. The method was survey. Based on market characteristics of culinary industry – food stall category, calculation of the market, and ratio of concentration showed that the market structure was oligopoly. The conducts of the industry type in Bangkalan were pricing, product, and promoting strategies. Keywords: Culinary Industry – Food Stall Category, Market Characteristics, Market Share, Market Concentration, Market Structure, and Market Conduct