Detail Karya Ilmiah
-
Tingkat Pengembalian Investasi Pendidikan Di Indonesia: Analisis Model Mincer Dengan Data Mikro Rumah TanggaPenulis : Zaqiyatul MunaDosen Pembimbing I : Dr. Mohtar Rasyid, S.E., M.ScDosen Pembimbing II :Abstraksi
Zaqiyatul Muna, Tingkat Pengembalian Investasi Pendidikan di Indonesia: Analisis Model Mincer dengan Data Mikro Rumah Tangga. Di bawah bimbingan Dr. Mohtar Rasyid, S.E., M.Sc. Tujuan utama dilakukan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat pengembalian investasi pendidikan di Indonesia selama tahun 2000-2014. Untuk itu, ada beberapa data yang digunakan yaitu tahun sekolah (X1), usia (X2), status pernikahan (X3), agama (X4), jenis kelamin (X5), status hubungan rumah tangga (X6) yang menjadi variabel independen atau regressor dari variabel log pendapatan (Y). Data-data tersebut diperoleh dari Indonesia Family Life Survey (IFLS) tahun 2000, 2007, dan 2014. Model Mincer merupakan model analisis yang digunakan dalam penelitian ini. Adapun teknik estimasi yang digunakan ada 3 yaitu teknik estimasi PLS (Pooled Ordinary Least Square), Fixed Effect (FE) Level Rumah Tangga, dan Fixed Effect (FE) Level Desa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa estimasi tingkat pengembalian investasi pendidikan yang dihasilkan dengan teknik estimasi PLS adalah lebih besar dari kedua teknik estimasi yang lainnya. Tingkat pengembalian investasi pendidikan yang diterima tenaga kerja Indonesia meningkat seiring dengan adanya peningkatan tahun sekolah. Tingkat pengembalian investasi pendidikan di Indonesia mengalami perkembangan yang semakin menurun dari tahun 2000-2014. Penurunan tingkat pengembalian investasi pendidikan terbesar terdapat pada kelompok tenaga kerja berpendidikan tinggi. Selain tahun sekolah, ditemukan juga terdapat beberapa variabel lain seperti variabel usia, status pernikahan, jenis kelamin, serta status hubungan rumah tangga yang juga berpengaruh terhadap tingkat pengembalian investasi pendidikan di Indonesia. Kata Kunci: Tingkat Pengembalian Investasi Pendidikan, Model Mincer
AbstractionZaqiyatul Muna, Rate of Return on Educational Investment in Indonesia: Analysis of the Mincer Model with Household Micro Data. Under the guidance of Dr. Mohtar Rasyid, S.E.,M.Sc. The main objective of this study is to analyze the rate of return on education investment in Indonesia during 2000-2014. To fulfill that goal, there are several data used, namely years of schooling (X1), age (X2), marital status (X3), religion (X4), gender (X5), household relationship status (X6) which becomes independent variable of income variable (Y). This data was obtained from the Indonesian Family Life Survey (IFLS) in 2000, 2007 and 2014. The Mincer model is the main analysis model used in this study. The estimation techniques used are three, namely PLS estimation technique (Pooled Ordinary Least Square), Household Level Fixed Effect (FE), and Village Level Fixed Effect (FE). The results of this study indicate that the estimated rate of return on educational investment generated by the PLS estimation technique is greater than the other two estimation techniques. The rate of return on education investment received by Indonesian workers has increased with increasing years of schooling. There has been a decline in the rate of return on education investment in Indonesia from 2000-2014. The largest decline in the rate of return on investment in education in Indonesia is in the group of highly educated workers. In addition to school years, there are also other variables such as age, marital status, gender, and status of household relations which also affect the rate of return on investment in education in Indonesia. Keywords: Educational Investment Return Rate, Mincer Model