Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI PEMERINTAH, PERAN INTERNAL AUDIT, SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN STANDART AKUNTANSI PEMERINTAH TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (Studi Empiris Pada Organisasi Perangkat Daerah Kab. Pamekasan)Penulis : Rony Satya RomadhonaDosen Pembimbing I : Dr.Bambang Haryadi, S.E., M.Si., Ak., CADosen Pembimbing II :Abstraksi
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Komitmen organisasi, Peran Internal Audit, Sistem Informasi Akuntansi terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Penelitian ini dilakukan dikabupaten pamekasan, tepatnya pada OPD yaitu pegawai yang melaksanakan pengelolaan keuangan termasuk Kepala Dinas/Badan/Kantor mulai dari Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK), Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), Bendahara Pengeluaran dan Bendahara Pembantu. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyebaran kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampel. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji T. Hasil penelitian menunjukkan komitmen organisasi dengan indikator penelitian komponen afektif, normatif dan berkelanjutan mendapatkan hasil penelitian yaitu Komitmen Organisasi berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah dengan koefisien positif. Peran audit internal pemerintah dengan indikator penelitian, integritas, objektivitas, kerahasian, dan kompetensi bahwa Peran audit internal pemerintah berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah dengan koefisien positif. Dan sistem informasi akuntansi dengan indikator penelitian sumber daya manusia, data dan informasi menghasilkan hasil penelitian bahwa sistem informasi akuntansi tidak berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah dengan koefisien negatif. Kata Kunci : Komitmen Organisasi, Peran Audit Internal, Sistem Informasi Akuntansi, dan Kualitas Laporan Keuangan.
AbstractionAbstrak This study discusses to discuss and analyze the commitment, Role of Internal Audit, Accounting Information Systems on the quality of local government financial reports. This research was carried out in a secondary district, approved by the OPD, where officials handling finance included the Head of the Office / Agency / Financial Administration Agency (PPK), Technical Activity Executing Officer (PPTK), Expenditure Treasurer and Assistant Treasurer. The data collection method used in this study was the distribution of questionnaires. The sampling technique used was purposive sample. The analysis technique used is multiple linear regression analysis. Testing the hypothesis used is a T test. The results showed that organizational commitment with indicators of affective, normative and sustainable component research got the results of research, namely Organizational Commitment to the quality of local government financial reports with positive coefficients. The role of government internal audit with indicators of research, integrity, objectivity, confidentiality, and competence, the role of internal government audits on the quality of local government financial reports with positive coefficients. And accounting information systems with indicators of human resource research, data and information produce accounting information systems research not on the quality of local government financial reports with negative coefficients. Keywords: Organizational Commitment, Role of Internal Audit, Accounting Information Systems, and Quality of Financial Reports.