Detail Karya Ilmiah
-
MENGUAK PENENTUAN MARGIN KONTRIBUSI USAHA RIAS PENGANTINPenulis : Nova Aisyah WardaniDosen Pembimbing I : Anita Carolina, SE.,M.Bus.,Adv.,Ak.,QIA.,CADosen Pembimbing II :Abstraksi
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan praktik penentuan margin kontribusi pada rias pengantin Melly Efendy; menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 4 (empat) kategori yang diberlakukan sebagai dasar dalam praktik penentuan besaran margin kontribusi. Pertama aspek profit; harga jual ditetapkan enam kali lipat dari biaya variabel sehingga margin kontribusi mampu menutupi biaya tetap dan menghasilkan laba. Kedua aspek sedekah; dimana harga jual ditetapkan sama besarnya dengan biaya variabel sehingga margin kontribusi sama dengan nol. Ketiga aspek tolong menolong; harga jual ditetapkan dengan menjumlahkan biaya variabel dan ½ dari biaya variabel tersebut, margin kontribusi menjadi lebih kecil. Aspek kedua dan ketiga tersebut tidak bisa dijadikan hitungan laba, dan memunculkan refleksi nilai terhadap aspek sedekah tersebut yang merupakan ladang beramal sebagai bekal di akhirat nanti. Keempat aspek timbal balik; harga jual ditetapkan tiga kali lipat dari biaya variabel sehingga margin kontribusi mengalami kenaikan yang hampir signifikan menyerupai aspek profit. Kata Kunci : Margin Kontribusi, Rias Pengantin Melly Efendy, Deskriptif, Aspek, Profit, Sedekah, Tolong Menolong, Timbal Balik, dan Refleksi Nilai.
AbstractionABSTRACT This research aims to know and describe the practice of determining the contribution margin on Melly Efendy’s bridal make up; uses qualitative descriptive method. The result shows 4 categories which is as basic in practice of determining the magnitude of contribution margin. First, profit aspect; the selling price is setting six times from variable cost so the contribution margin could cover fixed costs and generate profits. Second, alms aspect; where the selling price is setting as same as with variable cost so the contribution margin equals zero. Third, helping aspect; the selling price is setting with add up variable cost and ½ from the variable cost, the contribution margin is smaller. The second aspect and third aspect could not be profit count, and shows reflection of value to the alms aspect which is saving as a hereafter stock. Forth reciprocity aspect, the selling price is setting three times from the variable cost so the contribution margin increased almost significance as profit aspect. Keyword: the contribution margin, Melly Efendy’s bridal make up, descriptive, aspect, profit, alms, helping, reciprocity, and the reflection of value.