Detail Karya Ilmiah

  • Abstraksi

    Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh leverage, managerial ownership, institutional ownership, capital structure, firm size, firm growth dan firm performance terhadap agency cost pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013 – 2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013 – 2017 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Total data yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 204 sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa dari pengaruh variabel leverage memiliki pengaruh signifikan dan negatif terhadap agency cost pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI, variabel managerial ownership memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap agency cost pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI, variabel institutional ownership memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap agency cost pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI, variabel capital structure memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap agency cost pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI, variabel firm size memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap agency cost pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI, variabel firm growth memiliki pengaruh signifikan dan negatif terhadap agency cost pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI, dan terakhir variabel firm performance memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap agency cost pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Kata kunci : leverage, managerial ownership, institutional ownership, capital structure, firm size, firm growth, firm performance, dan agency cost.

    Abstraction

    The purpose of this empirical study is to analyze the influence of leverage, managerial ownership, institutional ownership, capital structure, firm size, firm growth and firm performance on agency cost at manufacturing companies listed in Indonesia Stock Exchange in the period 2013-2017. This research is a quantitative research. The population used in this research are manufacturing companies listed in Indonesia Stock Exchange in the period 2013-2017, with purposive sampling method. Total data used in this research are 204 samples. The method of analysis of this research using multiple linier regression. The result showed that leverage has a negatif and significant affect on agency cost at manufacturing companies listed in Indonesia Stock Exchange, managerial ownership does not has significant affect on agency cost at manufacturing companies listed in Indonesia Stock Exchange, institutional ownership does not has significant affect on agency cost at manufacturing companies listed in Indonesia Stock Exchange, capital structure has a positive and significant affect on agency cost at manufacturing companies listed in Indonesia Stock Exchange, firm size does not has significant affect on agency cost at manufacturing companies listed in Indonesia Stock Exchange, firm growth has a negative and significant affect on agency cost at manufacturing companies listed in Indonesia Stock Exchange, the last firm performance does not has significant affect on agency cost at manufacturing companies listed in Indonesia Stock Exchange. Keywords : leverage, managerial ownership, institutional ownership, capital structure, firm size, firm growth, firm performance, and agency cost.

Detail Jurnal