Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2013-2017)Penulis : Putri Restu FitrianaDosen Pembimbing I : Gita Arasy Harwida, SE.,Ak.,M.Tax, QIA,CA.Dosen Pembimbing II :Abstraksi
ABSTRAK Putri Restu Fitriana, Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility Studi Empiris Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013 - 2017. Di bawah bimbingan Gita Arasy Harwida, S.E., MTax., Ak., QIA., CA. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris menganai pengaruh karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengungkapan CSR (Corporate Social Responsibility), variabel independen dalam penelitian ini adalah profitabilitas, ukuran perusahaan, likuiditas dan leverage. Penelitian ini menggunakan sampel 45 perusahaan pertambangaan yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) periode 2013-2017. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 30 perusahaan yang memenuhi kriteria dari penelitian. Data analisis menggunakan analysis regresi linear berganda dengan aplikasi SPSS 20. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh terhadap pengungkapan CSR, likuiditas berpengaruh terhadap pengungkapan CSR, leverage berpengaruh terhadap pengungkapan CSR sedangkan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR (Corporate Social Responsibility). Kata kunci: Pengungkapan CSR (Corporate Social Responsibility) , profitabilitas, ukuran perusahaan, likuiditas dan leverage. ?
AbstractionABSTRACT Putri Restu Fitriana, Effect of Company Characteristics on Corporate Social Responsibility Disclosures Empirical Study of Mining Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange in 2013 - 2017. Under the guidance of Gita Arasy Harwida, S.E., MTax., Ak., QIA., CA. This study aims to provide empirical evidence regarding the effect of company characteristics on disclosure of Corporate Social Responsibility (CSR). The dependent variable used in this study is disclosure of CSR (Corporate Social Responsibility), the independent variables in this study are profitability, company size, liquidity and leverage. This study uses a sample of 45 mining companies listed on the IDX (Indonesia Stock Exchange) for the period 2013-2017. The research sample was selected using a purposive sampling method and obtained 30 companies that met the criteria of the study. Data analysis uses multiple linear regression analysis with SPSS 20 application. The results of this study indicate that profitability influences CSR disclosure, liquidity influences CSR disclosure, leverage influences CSR disclosure while firm size does not affect the disclosure of CSR (Corporate Social Responsibility). Keywords: CSR (Corporate Social Responsibility) Disclosure, profitability, company size, liquidity and leverage.