Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Aktivitas Pemasaran dan Aset Tak Berwujud Terhadap Nilai PerusahaanPenulis : Selvi RusdianaDosen Pembimbing I : Yuni Rimawati, S.E., M.S.Ak., Ak., CADosen Pembimbing II :Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh aktivitas pemasaran dan aset tak berwujud terhadap nilai perusahaan dengan variabel kontrol profitabilitas, likuiditas dan solvabilitas. Populasi dalam penelitian ini menggunakan seluruh perusahaan property & real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2018. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 12 perusahaan yang diperoleh melalui metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan Software Smart PLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas pemasaran berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, sedangkan aset tak berwujud tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan serta profitabilitas dan solvabilitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Namun, likuiditas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Kata kunci: Aktivitas Pemasaran, Aset tak berwujud, Profitabilitas, Likuiditas, Solvabilitas, Nilai Perusahaan.
AbstractionThe Purpose of the research is to examine the marketing activity and intangible assets on firm value. The population in this research is using property & real estate companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2015-2018. This research uses a sample of 12 companies obtained through purposive sampling method. The analysis technique used in this study is Partial Least Square (PLS) using Smart PLS 3.0 Software. The results of this research indicate that marketing activities have a positive impact on firm value, while intangible assets are related to company value and profitability and solvency do not affect company value. However, positive liquidity towards company value. Key words: Marketing Activity, Intangible Assets, Firm value