Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BELVA BATIK TULIS MADURA BURNEH BANGKALAN
    Penulis : Aprilia Indah Kartika Sari
    Dosen Pembimbing I : Drs. Ec. Mohamad Tambrin, M.M.
    Dosen Pembimbing II :Faidal,S.E.,M.M.
    Abstraksi

    ABSTRAK APRILIA INDAH KARTIKA SARI, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Belva Batik Tulis Madura”. Dibawah bimbingan Drs. Mohammad Tambrin, MM dan Faidal, SE.,MM Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Belva Batik Tulis Madura Burneh Bangkalan, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh konsumen Beva Batik Tulis Madura . Metode pengambilan sampel yang digunakan Purposif Sampling. Dengan jumlah sampel sebanyak 40 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen Belva Batik Tulis Madura dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 1,160, nilai thitung sebesar 3,212 dan nilai signifikasi sebesar 0,000; (2) terdapat pengaruh negatif dan signifikan harga terhadap kepuasan konsumen, dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar -0,161, nilai thitung sebesar -1.118 dan nilai signifikasi sebesar 0,000; (3) terdapat pengaruh positif kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 1,174, nilai thitung sebesar 2,116 dan nila signifikasi sebesar 0,000; (4) terdapat pengaruh positif dan negatif dari variabel kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Belva Batik Tulis Madura, dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 75,122 dan nilai signifikasi sebesar 0,000. Kepuasan konsumen dipengaruhi oleh kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan sebesar 82%, sedangkan 18% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci : Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen.

    Abstraction

    ABSTRACT APRILIA INDAH KARTIKA SARI, "The Effect of Product Quality, Price, and Service Quality on Customer Satisfaction in Belva Batik Tulis Madura". Under the guidance of Drs. Mohammad Tambrin, MM and Faidal, SE., MM Department of Management, Faculty of Economics and Business. This study aims to determine the effect of product quality, price, and service quality on customer satisfaction in Belva Batik Tulis Madura Burneh Bangkalan, both partially and simultaneously. This research is a quantitative approach. The population in this study were all consumers of Beva Batik Tulis Madura. The sampling method used was Purposive Sampling. With a total sample of 40 people. The technique of collecting data using questionnaires and documentation. The data analysis technique used is descriptive analysis and multiple linear regression. The results of the study show that: (1) there is a positive and significant effect of product quality on customer satisfaction Belva Batik Tulis Madura is proven by a regression coefficient of 1.160, a tcount of 3.212 and a significance value of 0.000; (2) there is a negative and significant effect of prices on customer satisfaction, as evidenced by the regression coefficient value of -0.161, the tcount is -1.118 and the significance value is 0.000; (3) there is a positive effect on service quality on customer satisfaction, as evidenced by the regression coefficient of 1.174, the tcount of 2.116 and the significance value of 0.000; (4) there are positive and negative effects of product quality, price, and service quality variables on customer satisfaction in Belva Batik Tulis Madura, as evidenced by the value of F count of 75.122 and a significance value of 0.000. Consumer satisfaction is influenced by product quality, price, and service quality by 82%, while 18% is influenced by other variables not examined in this study. Keywords: Product Quality, Price, Service Quality, Consumer Satisfaction.

Detail Jurnal