Detail Karya Ilmiah

  • PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI KOMUNIKASI PEMASARAN MODERN PADA BATIK TULIS KHAS TANJUNG BUMI BANGKALOAN
    Penulis : puguh kiurniawan
    Dosen Pembimbing I : Dr. Drs. Ec. H. Muh, Syarif. M.Si
    Dosen Pembimbing II :Hj. Evaliati Amaniyah, S.E., M.S.M
    Abstraksi

    ABSTRAK Puguh Kurniawan, Pemanfaatan Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Modern Pada Batik Tulis Khas Tanjung Bumi Bangkalan. Di bawah bimbingan Bapak Dr. Drs. Ec. H. Muh. Syarif, M.si dan Ibu Hj. Evaliati Amaniah, S.E., M.S.M. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengeksplorasi Pemanfaatan Instagram sebagai Komunikasi Pemasaran Modern pada Batik Tulis Khas Tanjung Bumi Bangkalan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis adalah hasil wawancara dengan informan pada Batik Tulis Khas Tanjung Bumi Bangkalan. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer. Subjek dalam penelitian ini semuanya ada empat subjek penelitian, dimana empat subjek penelitian yang dijadikan informan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan ketekunan pengamatan dan member check. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemanfaatan Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Modern Pada Batik Tulis Khas Tanjung Bumi Bangkalan sudah efektif. Karena instagram memberikan manfaat seperti memudahkan penjual untuk melakukan promosi penjualan, instagram memudahkan penjual berkomunikasi dengan pembeli dan instagram memberikan manfaat kepada penjual seperti dengan memanfaatkan instagram penjual mengalami suatu kenaikan dalam penjualannya. Dan instagram memberikan manfaat untuk calon konsumen seperti memudahkan dalam melakukan pembelian suatu produk seperti contoh calon konsumen akan mudah mendapatkan produk yang diinginkan tanpa harus datang ke toko, dan instagram memudahkan calon konsumen berkomunikasi dengan penjual. Kata Kunci : Instagram, Komunikasi Pemasaran Modern.

    Abstraction

    ABSTRACT Puguh Kurniawan, The Utlization an Instagram as Modern of Marketing Communication in Batik Tulis from Tanjung Bumi Bangkalan. Under of dedicate from Dr. Drs. Ec. H. Muh. Sharif, M.si and Hj. Evaliati Amaniah, SE, MSM. This research has purpose to explore benefits an Instagram as Modern of Marketing Communication in Batik tulis at Tanjung Bumi Bangkalan. This research use of descriptive qualitative method. The data is analyzed with interviews and informants in Batik Tulis from Tanjung Bumi Bangkalan. The sources of data in this study are using the primary data. Subjects in this study there are four research subjects, one of them are four as research subjects also informant. Technique of collectin data in this study using the interview, observation and documentation. Mechanical of validity of the data in this study using observations diligence and check recheck. Techniques of analysis data in this study using data reduction, data presentation and conclusion. The result in this research is showed the utilization an Instagram for modern of marketing communication In Batik Tulis from Tanjung Bumi Bangkalan have already effective. Because of an instagram give a lot of benefits such as more easy for selling product to conduct the sales promotion, an instagram could be more easy for buyers and sellers to communicate and giving many benefits to the seller and getting the advantage of the seller from Instagram alsk could be increase in sales. Instagram gives a lot of benefits to prospective customers as facilitate in marketing such as the potential of consumers will make an easy to obtain the desired product without come to the store, and instagram allow potential customers to communicate with the seller. Keywords: Instagram, Modern of Marketing Communication.

Detail Jurnal