Detail Karya Ilmiah

  • FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERENCANAAN PROGRAM ONE VILLAGE ONE PRODUCT (OVOP) DI KABUPATEN PAMEKASAN
    Penulis : Mahtubatun Nisak
    Dosen Pembimbing I : Dr.H.Iriani Ismail,S.E., M.M.
    Dosen Pembimbing II :Purnamawati,S.E., M.Si.
    Abstraksi

    Pendekatan OVOP ini adalah suatu gerakan yang secara integratif berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap potensi yang dimiliki di daerahnya, meningkatkan pendapatan para pelaku usaha dan masyarakat sekaligus meningkatkan rasa percaya diri dan kebanggaan terhadap kemampuan yang dimiliki masyarakat dan potensi daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perencanaan program One Village One Product (OVOP) di Kabupaten Pamekasan. Disamping itu penelitian ini berguna sebagai acuan pengembangan usaha antar daerah dalam program-program pemerataan pendapatan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengeksplorasi data baik primer maupun data sekunder. Dalam penelitian ini peneliti melakukan wawancara langsung dengan penanggung jawab komoditas dari 15 desa yang sudah diusulkan oleh 22 SKPD Kabupaten Pamekasan. Hasil penelitian dapat disimpulkan: Faktor-faktor yang mempengaruhi perencanaan program OVOP di Kabupaten Pamekasan yaitu faktor internal dan faktor eksternal, faktor internal: kemampuan organisasi, kemampuan pemasaran, kemampuan teknik dan keuangan, faktor eksternal: support pemerintah, kurangnya informasi bisnis dan pemasaran dan lingkungan kompetitif. Kata Kunci : One Village One Product (OVOP), Potensi-potensi

    Abstraction

    The OVOP approach is an integral movement to increase the public awareness of the region potentials, for increasing the public income and increasing self-confidence and pride to the capabilities and the potentials of their region. The aims of this study are to determine factors that effect on planning of the One Village One Product (OVOP) in Pamekasan. In addition, the expected that this study can be referenced for inter-regional business development in income equity programs. Using qualitative method, data explored in primary and secondary data. In this study, it had conducted by direct interview with the persons in the 15 villages that had been proposed by 22 SKPD. Using this analysis, the results showed that there are some factors that effect on planning of the OVOP in Pamekasan Regency are internal and external factors. The internal factors are organizational capabilities, marketing capabilities, technical and financial capabilities, and the external factors are government support, lack of business and marketing information and environment competitive. Keywords: One Village One Product (OVOP), Potentials

Detail Jurnal