Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PEMASARAN MEDIA SOSIAL MELALUI KESADARAN MEREK UNTUK MENCIPTAKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN
    Penulis : Yayah Robiatul Adhawiyah
    Dosen Pembimbing I : Fathor AS, SE.,MM
    Dosen Pembimbing II :Mochammad Isa Anshori, SE., MSi
    Abstraksi

    Saat ini industri mulai merambah ke dunia virtual, membentuk konektivitas manusia, mesin juga data, semua telah ada di mana-mana, istilah yang lebih dikenal dengan sebutan internet of things. Berkembangnya teknologi dapat dimanfaatkan sebagai pengembangan dunia bisnis, salah satunya kegiatan komunikasi pemasaran mengharuskan memanfaatkan era digital untuk menguasai pangsa pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemasaran media sosial yang merupakan bukti perkembangan besar dari internet terhadap keputusan pembelian melalui kesadaran merek. Variabel independen yang diteliti adalah pemasaran media sosial, keputusan pembelian sebagai variabel dependen, sedangkan variabel intervening yakni kesadaran merek. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini tidak diketahui jumlah pastinya, sehingga dalam perhitungan sampel digunakan rumus dengan populasi infinit dan berdasarkan perhitungan diperoleh 97 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh pemasaran media sosial berpengaruh terhadap terciptanya keputusan pembelian melalui kesadaran merek.

    Abstraction

    Today the industry is beginning to penetrate into the virtual world, forming human connectivity, machines and data, all of them are everywhere, a term better known as the internet of things. The development of technology can be used as the development of the business world, one of which is marketing communication activities that require utilizing the digital era to gain market share. This study aims to find out how the influence of social media marketing is evidence of major developments from the internet towards purchasing decisions through brand awareness. The independent variable studied was social media marketing, purchasing decisions as the dependent variable, while the intervening variable was brand awareness. The research approach used in this study is quantitative. The exact number of the population in this study, so that the sample calculation used a formula with an infinite population and based on calculations obtained 97 respondents. Data collection techniques are carried out through observation, questionnaires, interviews and documentation. The results of the analysis show that the influence of social media marketing has an effect on the creation of purchasing decisions through brand awareness.

Detail Jurnal