Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Strategi Pemasaran Produk Halal Dalam Upaya Menjaga Loyalitas Konsumen (Study Kasus Rumah Makan Ayam Geprek Bensu Surabaya)
    Penulis : Siti Hotijah HS
    Dosen Pembimbing I : Lailatul Qadariyah, S.HI., M.EI
    Dosen Pembimbing II :Lailatul Qadariyah, S.HI., M.EI
    Abstraksi

    Analisi strategi pemasaran produk halal dalam upaya menjaga loyalitas konsumen (study kasus rumah makan ayam geprek bensu surabaya) Pemasaran merupakan salah satu kegiatan ekonomi yang sangat penting. Salah satunya mengenai strategi pemasaran. Seperti pada Rumah Makan Ayam Geprek Bensu Surabaya ini memiliki tujuan ingin meningkatkan produk halal dengan cara 7 variabel yaitu produk, tempat, harga, promosi, sarana fisik, orang, dan proses. Selain itu pemasaran di butuhkan organisasi agar seluruh tujuannya dapat tercapai dengan mudah. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan mengenai bagaimana strategi pemasaran dengan menjaga loyalitas konsumen. Metode penelitian yang digunakan dalam penenilitian ini merupakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga pendekatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai strategi pemasaran yang telah dilakukan rumah makan baik dari segi pemilihan pasar, produk, harga, tempat, promosi, sarana fisik, orang dan proses sudah dapat di katakan efektif dalam rangka mengembangkan jaringan bisnis di lihat dari hasil analisis berbagai indikator efektivitas menggunakan pendekatan sumber, pendekatan proses, dan pendekatan sasaran, serta dilihat dari semakin meningkatkannya jumlah konsumen yang loyal. Kata kunci: Strategi Pemasaran

    Abstraction

    Marketing is one of the most important economic activities. One of them is about marketing strategies. As in the Bensu Surabaya Geprek Chicken Restaurant, the purpose is to improve halal products by means of 7 variables, namely products, places, prices, promotions, physical facilities, people, and processes. In addition, marketing is needed by the organization so that all of its goals can be achieved easily. This study aims to answer the question of how to market strategies by maintaining consumer loyalty. The research method used in this research is a descriptive qualitative research method with field research type. Methods of data collection in this study is using the method of interview and documentation. Data analysis techniques is using three appoarch of analysis, which is data reduction, data display, and conslusion drawing/verivication. The results showed that various marketing strategies that have been carried out by restaurants both in terms of market selection, products, prices, places, promotions, physical facilities, people and processes can be said to be effective in developing business networks seen from the analysis of various indicators of effectiveness using the source approach, process approach, and target approach, and seen from the increasing number of loyal consumers. Keywords: Marketing Strategy

Detail Jurnal