Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH UNDIAH BERHADIAH SIMPANAN MUDHARABAH BERJANGKA (DEPOSITO) TERHADAP MINAT NASABAH MENABUNG DI BMT UGT SIDOGIRI CABANG KLAMPIS
    Penulis : Nafiatul Maulidah
    Dosen Pembimbing I : Lailatul Qadariyah, S.H.I., M.E.I.
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    ABSTRAK Persaingan sebuah perbankan syariah di Indonesia saat ini semakin ketat, dengan ketatnya persaingan yang dialami seharusnya didukung dengan adanya inovasi baru terhadap sebuah produk agar diminati oleh masyarakat. Jika Perbankan syariah hanya melakukan inovasi produk hanya dengan mengadakan pameran, dan menyebarkan brosur maka tidak akan cukup untuk memikat minat masyarakat. Sehingga, BMT UGT Sidogiri menggunakan strategi promosi penjualan undian berhadiah. Oleh karena itu, BMT memerlukan adanya Promosi penjualan berupa undian berhadiah. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh undian berhadiah simpanan mudharabah berjangka terhadap minat nasabah menabung di BMT UGT Sidogiri cabang Klampis. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal, objek dari penelitian ini adalah BMT UGT Sidogiri cabang Klampis. Sumber data dalam penelitian ini adalah wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, korelasi Pearson product moment, regresi linier sederhana, dan uji T statistik. Hasil dari penelitian ini berdasarkan perhitungan SPSS 23 diperoleh dengan standar signifikan 5%, hasilnya menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar (27,639) > t tabel sebesar (1,980). Artinya, undian berhadiah simpanan mudharabah berjangka berpengaruh terhadap minat nasabah menabung di BMT UGT Sidogiri Cabang Klampis. Kata Kunci : Minat Nasabah, Deposito, Undian Berhadiah

    Abstraction

    ABSTRACT Competition of Syaria banking in Indinesia. Ore tight today, with the tight competition exprienced. Should be supported by a new innovation of a product in order to be interested by the community. If Syaria banking only innovate products only by holding exhibitions and distributing brochures then i will not be enough to captivate the public interest. Thus, BMT UGT Sidogiri use a sales Promotion Strategy that is a lottery. Therefore, BMT requires a sales promotion in the form of sweepstakes. The purpose of thid research is to know the effect of lottery draw from mudharabah deposits to the interest of custumers saving in BMT UGT Sidogiri Klampis branch. This research includes the type of quantitative research with causal approach, the object of the study is BMT UGT Sidogiri in Klampis branch. Data sources in this study are interviews, quistionnaieres, and decumentation. Data analysis technique used is test of validity, reliability, normality test, pearson product moment correlation, simple linier regression, and statistic T-test. The result of this study are based on SPSS 23 calculations obtained with 5% significant standard, the result shows that tha value of t-arithmetic of (27,639) > t-table equel to (1,980). That is , the prize draw from the mudharabah deposit affects the interest of the customer saving in BMT UGT Sidogiri in Klampis branch. Key words: Costumer Interest, Deposit, Lottery

Detail Jurnal