Detail Karya Ilmiah
-
Analisis Efektivitas Strategi Pemasaran Pada Bisnis Halal Network PT Herba Penawar Alwahida Indonesia dalam Mengembangkan Jaringan BisnisPenulis : LatifahDosen Pembimbing I : Firman Setiawan, S.HI., M.EIDosen Pembimbing II :Abstraksi
Pemasaran merupakan salah satu kegiatan ekonomi yang sangat penting, salah satunya mengenai strategi pemasaran. PT Herba Penawar Alwahida Indonesia adalah sebuah perusahaan network marketing yang memiliki tujuan mulia menjayakan produk halal berasazkan t}ibbunnabawi, membumikan ekonomi Islam di Indonesia melalui enterpreneursip serta menjadi pemimpin pasar halal Indonesia dan dunia. Strategi pemasaran dibutuhkan perusahaan agar seluruh tujuannya dapat tercapai dengan mudah. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan mengenai bagaimana efektivitas strategi pemasaran pada bisnis halal network PT Herba Penawar Alwahida Indonesia dalam mengembangkan jaringan bisnis. Metode penelitian yang digunakan dalam penenilitian ini merupakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga pendekatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai strategi pemasaran yang telah dilakukan perusahaan baik dari segi pemilihan pasar, produk, harga, tempat, promosi, sumber daya manusia, dan proses sudah dapat dikatakan efektif dalam rangka mengembangkan jaringan bisnis dilihat dari hasil analisis berbagai indikator efektivitas menggunakan pendekatan sumber, pendekatan proses, dan pendekatan sasaran, serta dilihat dari semakin meningkatnya jumlah pendaftaran agen yang bergabung pada bisnis halal network PT HPAI ini setiap bulannya. Kata kunci: Efektivitas, Strategi Pemasaran, PT HPAI
AbstractionMarketing is one of the most important economic activities. One of the most important thing on marketing activities is about marketing strategy. PT Herba Penawar Alwahida Indonesia is one of Indonesian network marketing company that has a noble goal to serving a good quality and halal products based on t}ibbunnabawi, spreading an Islamic economy in Indonesia through enterpreneurship, and to become a market leader of halal market nasionally and globally. A marketing network company needs some of marketing strategy to reach all their goals easily. This study aims to answer how the successness of marketing strategy on halal network bussiness of PT HPAI in order to develop a bussiness networking. The research method used in this research is a descriptive qualitative research method with field research type. Methods of data collection in this study is using the method of interview and documentation. Data analysis techniques is using three appoarch of analysis, which is data reduction, data display, and conslusion drawing/verivication. Result of this research indicates that effectiveness of all various marketing strategies that has been used by the company like a market selection strategy, product, price, place, promotion, people, and prosess is goes well in order to develop the company’s bussiness networking based on the analysis of various effectiveness indicators using the source approach , process approach, and target approach, and based from the increasing number of registration agents who join this halal network business of PT HPAI every month. Keywords: Effectiveness, Marketing Strategy, PT HPAI