Detail Karya Ilmiah
-
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PENGUSAHA UNTUK PENDIRIAN USAHA SYARIAH (STUDI KASUS PELAKU USAHA SYARIAH DI SURABAYA)Penulis : Mifta Nian SariDosen Pembimbing I : Firman Setiawan S.HI., M.EIDosen Pembimbing II :Abstraksi
Dalam penelitian yang berjudul “Faktor-faktor yang mempengaruhi minat pengusaha untuk pendirian usaha syariah di Surabaya” bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat pengusaha untuk pendirian usaha syariah. skripsi ini menggunakan delapan faktor yang di jadikan sebagai variabel X terhadap variabel Y. Beberapa faktor-faktor tersebut antara lain ; prinsip syariah (X1), tidak mengandung riba (X2), produk (barang/jasa) halal (X3), beragama hobby dalam berwirausaha (X2), sebagai ibadah (X3), fastabiqul akhirat (X4), promosi dalam berdagang (X5), wadah berdakwah (X6). Enam faktor tersebut diukur pengaruhnya terhadap variabel pendirian usaha syariah. Oleh sebab itu penulis tertarik untuk mengetahui apa saja yang mempengaruhi didirikannya Usaha Syariah di Surabaya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Objek dari penelitian ini adalah minat pengusaha untuk pendirian usaha syariah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara, kuesioner atau observasi secara langsung pada responden yang diteliti dalam bentuk sampel dari suatu populasi. Analisis penelitian ini menggunakan regresi linier ganda seperti uji normalitas, uji multikolinieritas, heterokesdastisitas, karena data yang di uji lebih dari satu variabel dan menggunakan hipotesis Uji F & Uji t. Hasil dari penelitian ini diketahui angka ini menunjukkan bahwah pengaruh 4 variabel tersebut sebesar 32% dengan kontribusi Prinsip syariah (9%) sebagai ibadah (11%) promosi dalam berdagang (3%) Wadah berdakwah (3%). Variabel yang paling dominan adalah Sebagai Ibadah. . Kata kunci: Minat & Usaha syariah
AbstractionIn a study entitled "Factors influencing entrepreneur interest for syariah business establishment in Surabaya" aims to determine the influence of entrepreneur interest for the establishment of sharia business. This thesis uses eight factors that are used as variables X to variable Y. Some of these factors include; (X3), hobby in entrepreneurship (X2), as worship (X3), fastabiqul akhirat (X4), promotion in trading (X5), container da'wah (X6). These six factors measured its effect on the variables of sharia business establishment. Therefore the authors are interested in knowing what influences the establishment of Sharia Business in Surabaya. This research includes descriptive quantitative research type. The object of this research is entrepreneur interest for the establishment of sharia business. Data collection techniques used is to conduct interviews, questionnaires or observations directly on the respondents who researched in the form of samples from a population. The analysis of this research using multiple linear regression such as normality test, multicollinearity test, heterokesdastisitas, because the data tested more than one variable and using hypothesis Test F & Test t. The result of this research is known that this number indicates that the influence of 4 variables is 32% with the contribution of Sharia Principle (9%) as worship (11%) promotion in trading (3%) container da'wah (3%). The most dominant variable is As Worship. Keywords: Interest & Sharia Business