Detail Karya Ilmiah

  • Abstraksi

    Judul penelitian ini adalah “ Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Masyarakat Terhadap Program Laku Pandai Bank Syariah” (Studi Kasus BTPN Syariah Mojokerto). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran jasa (7P) terhadap rendahnya minat masyarakat terhadap laku pandai di bank syariah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian kuantitatif deskriptif yang digunakan dalam penelitian ini adalah yang berbasis studi kasus, dimana penelitian ini hanya terbatas pada satu kasus dan satu wilayah tertentu. Penelitian ini menggunakan teori bauran pemasaran jasa (7P) dalam mengukur minat nasabah terhadap program BTPN WOW! iB dan di uji menggunakan alat analisis uji regresi linier berganda. Bauran pemasaran digunakan peneliti sebagai faktor yang kemudian disebut X atau variabel bebas. 7P yang dimaksud adalah Produk (X1), Harga (X2), Tempat(X3). Promosi (X4), SDM (X5), Bukti fisik (X6) dan Proses (X7). Sedangkan untuk variabel terikat adalah Minat (Y). Berdasarkan uji regresi yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa dari 7 variabel bebas yang digunakan, hanya terdapat 3 variabel yang berpengaruh terhadap rendahnya minat masyarakat terhadap produk BTPN WOW! iB. Jadi faktor yang mempengaruhi rendahnya minat masyarakat terhadap program BTPN WOW! iB ada 3 yaitu faktor harga (X2), tempat (X3) dan SDM (X5). Besaran kontribusi variabel berpengaruh sebesar 30% dengan rincian 17% untuk SDM, 11% untuk tempat dan 2% untuk harga. Sehingga ditentukan bahwa variabel yang paling dominan adalah SDM. Kata kunci, Minat dan Laku Pandai Bank Syariah

    Abstraction

    ABSTRACT The reseach entitled "Factors Affecting the Low Interest of Public in the Branchless Banking Program of Syariah Bank" (Case Study of BTPN Syariah Mojokerto). Aims to recognize the effect of service marketing mix (7P) on the low interest of public in branchless banking of sharia banking. This research is a kind of quantitative research which applies descriptive approach. The descriptive quantitative research used in this study is case-based study in which this study is restricted to only one case and one particular area. Based on the results, the researcher used the theory of service marketing mix (7P) in measuring customers’ interests in the program BTPN WOW! iB. Marketing mix used by researcher as a factor which is called X or independent variable. 7P in question is Product (X1), Price (X2), Place (X3). Promotion (X4), Human Resources (X5), Physical Proof (X6) and Process (X7). While for the dependent variable is Interests (Y). Based on the regression test conducted by the researcher showed that from 7 free variables used, there were only 3 variables that have an effect on the low interest of public to the product of BTPN WOW! iB. Thus, the factors that affected the low interest of public to the program BTPN WOW! iB there were 3 factors; price factor (X2), place (X3) and Human Resources (X5). Total Contribution of Variable independets can be seen on the number of R square shows = 0,300, this figure shows that the influence of 3 variables is 30% with the contribution of human resources (17%) Place (11%) Price (2%). The most dominant variable is human resources. Keywords: Interests and Branchless Banking of Syariah Bank

Detail Jurnal