Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH STRUKTUR PASAR TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN PRODUK BANK SYRAIAH (Studi Kasus Bank BRI Syariah KCP Bangkalan)
    Penulis : Ahmad Dedy Wijatmika
    Dosen Pembimbing I : Firman Setiawan, S.H.I.,M.E.I.
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    ABSTRAK Perbankan syariah di Indonesia semakin berkembang, pada tahun 2017 ada 13 Bank Umum syariah yang tersebar diseluruh Indonesia, salah satunya Kabupaten Bangkalan, bank umum syariah di sini hanya ada dua bank syariah yaitu Bank BRI Syariah dan Bank Syariah Mandiri. Penelitian ini ingin menganalisis jenis struktur pasar apakah Bank BRI Syariah KCP Bangkalan dan meneliti tentang pengaruhnya struktur pasar terhadap keputusan nasabah menggunakan produk bank BRI Syariah KCP Bangkalan. Variabel bebas (X) yaitu Struktur pasar dengan indikator jumlah perusahaan sedikit kurang dari 10 perusahaan, kompetisi non harga (pelayanan yang baik), dan produk bersifat homogen atau terdefiriansi dan Variabel terikat (Y) yaitu keputusan nasabah menggunakan produk bank syariah indikator faktor psikologis,faktor situasional, dan faktor sosial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank BRI Syariah KCP bangkalan, pengambilan sampel dengan teknik random sampel sebanyak 98 sampel. Metode pengumpulan datanya dengan mengunakan kusioner dengan skala likert. Dalam analisis kualitas data dengan menggunkan uji validitas dn reliabilitas, Untuk memenuhi uji regresi yang baik dengan uji asumsi klasik ( uji normalitas, uji linearitas, dan uji heterokedatisitas), dan untuk mengetahui ada pengaruhnya atau tidak dengan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa bank umum syariah di Kabupaten Bangkalan adalah jenis struktur pasar oligopoli. Struktur pasar mempunyai berpengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan produk bank BRI Syariah KCP Bangkalan, pengaruhnya variabel X terhadap variabel Y adalah 12,2% dan 87,8% di pengaruhi faktor lain yang tidak diajukan dalam penelitian ini, jadi pengaruh variabel x terhadap variabel Y pada penelitian ini lemah atau kurang signifikan. Kata Kunci : Struktur Pasar, Keputusan Nasabah, Perbankan Syariah, Analisis Regresi

    Abstraction

    ABSTRACT Islamic banking in Indonesia is growing, in 2017 there are 13 Syariah Banks that are spread throughout Indonesia, one of the Bangkalan regency, the public bank syariah here there are only two banks, namely Bank BRI Syariah and Bank Syariah Mandiri. This research want to analyze the type of market structure does the Bank BRI Syariah KCP Bangkalan and researching about the influence of market structure on the decision of customers to use the products of the bank BRI Syariah KCP Bangkalan. The independent variable (X), namely the Structure of the market with the indicator of the number of enterprises slightly less than 10 companies, the competition is non-price (good service), and the product is homogeneous or assortment and the dependent Variable (Y) namely the decision of customers to use the products of syariah banks indicators of psychological factors, situational factors, and social factors. Population in this research is all customers of Bank BRI Syariah KCP Bangkalan, sampling techniques uses random samples which are 98 samples. The method of collecting data is by using questionnaire with likert scale. In the analysis of the quality of the data by using the test the validity and the reliability, to meet the test of a good regression with the classical assumption test (normality test, linearity, and heterokedatisity test), and to know there is influence or not by using simple linear regression analysis. The results of the study showed that syariah banks in Bangkalan Regency are a type of market structure an oligopoly. Market structure has an influence on the decision of customers to use the products of the bank BRI Syariah KCP Bangkalan, the effect of variable X on variable Y is 12.2% and 87,8% influenced by other factors not asked in this study, so the influence of variable x to variable Y in this study is weak or less significant. Keywords: Market Structure, The Decision Of The Customer, Syariah Banking, Regression Analysis

Detail Jurnal